Slide 1

Berita Direktorat Rumah Susun > Konsultasi Pengelolaan Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Pembuatan Aplikasi Berbasis Web Tingkat Dasar


Jumat, 15 September 2017, Dilihat 218 kali

Yogyakarta, Agustus 2017 – Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) Kementerian Pekerjaan Umun dan Perumahan Rakyat menyelenggarakan Kegiatan Konsultasi Pengelolaan Sistem Informasi dan Teknologi Informasi Pembuatan Aplikasi Berbasis Web Tingkat Dasar dengan mengundang perwakilan dari Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN), Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS), dan beberapa Balai Pendidikan dan Pelatihan di lingkungan Kementerian PUPR. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 (tiga) hari yaitu mulai tanggal 2 sampai dengan 4 Agustus 2017 di Hotel Novotel, Yogyakarta. Kegiatan ini  bertujuan untuk melaksanakan salah satu fungsi pembinaan Pusat Data dan Teknologi Informasi sebagaimana diamanatkan Peraturan Menteri PUPR Nomor 15/PRT/M/2015, dalam bentuk pemberian konsultasi mengenai pengelolaan sistem informasi dan teknologi informasi khususnya dalam pembuatan aplikasi berbasis web tingkat dasar kepada pengelola teknologi informasi di masing - masing Balai Kementerian PUPR.

Kegiatan Konsultasi dibuka oleh Kepala Pusat Data dan Teknologi Kementerian PUPR, Bapak Ir. Kemas M. Nur Asikin, MT. Dalam sambutannya, Bapak Kapusdatin menyampaikan harapannya agar konsultasi yang disampaikan dapat diimplementasikan dalam mendukung pelaksanaan tugas di masing masing unit kerja. Pelaksanaan konsultasi dilakukan dalam bentuk workshop/seminar, diskusi, dan praktikum. Pada kegiatan ini, Pusdatin menghadirkan para pengajar profesional sebagai narasumber. Para narasumber yang ditunjuk memberikan paparan mengenai pengelolaan dan pemanfaatan sistem dan teknologi informasi mengenai PHP Framework dan Codeigniter. Selanjutnya, setiap selesai paparan dilakukan sesi diskusi. Agar peserta mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam dengan berbagai studi kasus yang disusun untuk menyesuaikan kebutuhan peserta konsultasi.

Adapun materi praktikum yang disampaikan dalam konsultasi ini adalah:

  1. Introducing PHP and MySQL
  2. Setting Up a PHP-MySQL Development Environment
  3. Using Conditional Statements and Loops
  4. Using array and custom functions
  5. Using files, sessions, cookies, and External programs
  6. Working with database and tables
  7. Editing records and performing pratice queries
  8. Querying a MySQL Databases and Tables
  9. Importing and Exporting Data
  10. Transactions
  11. Introducting Codeigniter
  12. Library in Codeigniter
  13. Cache and Escaping
  14. Working with more function
  15. Sample Application

Selain pelatihan sistem, kegiatan juga diisi dengan paparan dari Kepala Bidang Infrastruktur Teknologi Informasi dan Sistem Informasi Pusdatin mengenai Standar Pengembangan Aplikasi sesuai dengan Peraturan Menteri PUPR Nomor 17 tahun 2016 yang diharapkan dapat dijadikan sebagai acuan dalam pembuatan dan pengelolaan aplikasi di lingkungan Unit Organisasi dan Unit Kerja masing-masing. Sebelum dan sesudah pelaksanaan praktikum, dilakukan pre test dan post test untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta tentang pelatihan yang  diikuti. Di akhir acara, dilakukan penilaian dan  diberikan reward untuk peserta dengan nilai terbaik serta  sertifikat pelatihan kepada seluruh peserta kegiatan konsultasi.