03 December 2022 | 04:56:11
Bahasa

BERITA

Menteri PUPR Jadi Tokoh Utama Nasional Sejuta Rumah Untuk Rakyat

Bali - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menerima penghargaan dari Himpunan Pengembang Permukiman dan Perumahan Rakyat (Himperra) sebagai Tokoh Utama Nasional Sejuta Rumah Untuk Rakyat. Penghargaan tersebut diberikan karena Menteri PUPR dinilai memiliki peran penting serta mendorong kontribusi para pemangku kepentingan dalam pembangunan infrastruktur dan perumahan untuk masyarakat melalui Program Sejuta Rumah di Indonesia.

"Kami (Kementerian PUPR-red) mengucapkan terimakasih atas penghargaan Menteri PUPR sebagai Tokoh Utama Nasional Sejuta Rumah Untuk Rakyat yang diberikan oleh asosiasi pengembang Himperra," ujar Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto saat mewakili Menteri PUPR menerima penghargaan dari Himperra di Nusa Dua, Bali, Kamis (8/9/2022) malam.

Pemberian penghargaan tersebut dilaksanakan dalam Grand Himperra Awards yang merupakan rangkaian kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) dan Milad ke - 4 Himperra di Bali. Kegiatan tersebut dihadiri sekitar 300 orang perwakilan anggota Himperra dari seluruh wilayah Indonesia serta kementerian/ lembaga terkait bidang perumahan di Indonesia.

Iwan menerangkan, adanya penghargaan tersebut merupakan pemacu semangat bagi insan PUPR untuk melaksanakan tugas pembangunan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sektor perumahan. Apalagi masalah perumahan di Indonesia merupakan pekerjaan rumah yang harus mendapatkan perhatian khusus dari seluruh pihak baik pemerintah, pemerintah pusat dan daerah, pengembang, perbankan dan masyarakat.

Lebih lanjut, Iwan menambahkan, sejalan dengan tema Rakernas dan Milad ke-4 Himperra yaitu “Rise Together Grow Stronger" atau Bangkit Bersama Himperra Tumbuh Lebih Kuat”, Kementerian PUPR berharap Himperra dapat terus berkolaborasi untuk mewujudkan hunian layak dan terjangkau untuk seluruh lapisan masyarakat guna menuju Indonesia yang lebih kuat dan berdaulat.

Tantangan besar yang dihadapi bangsa Indonesia dalam pemenuhan kebutuhan rumah di Indonesia adalah angka backlog kepemilikan rumah di Indonesia mencapai 12,75 juta unit dan pertumbuhan keluarga baru mencapai 700.000 - 800.000 per tahun. Dalam RPJMN Tahun 2020 – 2024, menurut data BPS Tahun 2020 terdapat rumah tangga yang menempati rumah layak huni sebesar 54,3 persen.

"Kami yakin dengan dukungan penuh dari pelaku pembangunan perumahan termasuk Himperra ini masyarakat bisa memiliki hunian yang layak dan terjangkau. Kami juga terus mendorong capaian Program Sejuta Rumah agar bisa mengurangi backlog perumahan di Indonesia," terangnya.

Sementara itu, Ketua Umum Himperra, Endang Kawidjaya mengatakan, penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi atas kinerja dan kerja keras  Menteri PUPR dalam upaya mendorong kolaborasi dan kerjasama serta menggandeng seluruh pemangku kepentingan bidang perumahan dalam Program Sejuta Rumah di Indonesia. Apalagi sektor properti dan perumahan di Indonesia diharapkan bisa mendorong peningkatan perekonomian secara nasional serta membuka lapangan kerja sehingga mampu meningkatkan daya beli masyarakat.

Selain penghargaan kepada Menteri PUPR, Himperra juga memberikan penghargaan kepada PT. Bank BTN (Persero) Tbk sebagai Bank Terbesar Penyalur Pembiayaan Perumahan Nasional, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sebagai Kepala Daerah Terfavorit Peduli Perumahan Rakyat. Selain itu penghargaan juga diberikan untuk pengurus DPD Himperra daerah yakni DPD Himperra DKI Jakarta sebagai DPD dengan Jumlah Kegiatan Terbanyak, DPD Himperra Jawa Tengah sebagai DPD dengan Anggota Aktif Terbanyak dan Pertumbuhan Anggota Tercepat dan DPD Himperra Riau sebagai DPD Dengan Laporan Administrasi Terdisiplin.

"Kami siap memberikan dukungan baik dari seluruh pengurus dan anggota Himperra dalam Program Sejuta Rumah. Kami ingin menyediakan hunian yang berkualitas, layak dan terjangkau bagi masyarakat Indonesia," katanya.

(BAGIAN HUKUM DAN KOMUNIKASI PUBLIK DITJEN PERUMAHAN KEMENTERIAN PUPR)

Tahukah kamu ?

Kongres Perumahan Sehat pertama pada tahun 1950 diadakan di Kota Bandung

Pertanyaan...
Jawaban anda benar!
Jawaban anda salah!
Ayo ikuti survei Kepuasan Pelayanan Publik

Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan Pelayanan Publik.

Ikuti