06 October 2022 | 20:34:54
Bahasa

BERITA

Kementerian PUPR Serahterimakan Pengelolaan dan Aset PSU Rumah Subsidi di Tanah Bumbu

KALIMANTAN SELATAN – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Perumahan melakukan serah terima pengelolaan dan aset berupa Prasarana Sarana dan Utilitas (PSU) jalan lingkungan rumah subsidi kepada Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu di Provinsi Kalimantan Selatam. Aset PSU jalan lingkungan sepanjang 387 meter yang diserahterimakan senilai Rp 504 juta dan dibangun oleh Direktorat Jenderal Perumahan pada tahun 2019 lalu di Perumahan Bersubsidi Alif Azhar Permai.

“Sesuai arahan Menteri PUPR bahwa aset BMN yang telah dibangun harus segera diserahterimakan pengelolaannya agar tidak menjadi beban untuk APBN,” ujar Direktur Jenderal Perumahan KementerianPUPR, Khalawi Abdul Hamid di Jakarta beberapa waktu lalu.

Khalawi menerangkan, Direktorat Jenderal Perumahan saat ini mulai melaksanakan sistem jemput bola dalam pelaksanaan serah terima aset BMN di daerah. Dalam hal ini pihaknya menerjunkan tim percepatan serah terima aset ke daerah sehingga prosesnya bisa lebih cepat.

“Kami berharap dengan sistem jemput bola ini aset BMN yang telah terbangun dapat segera diserahterimakan dan dikelola oleh pengusul, baik Pemda maupun lembaga,” terangnya.

Dari data yang ada di Direktorat Jenderal Perumahan PSU yang diserahterimakan berupa jalan cor sepanjang 387 meter dengan lebar 4 meter. PSU tersebut dapat dirasakan langsung oleh sekitar 70 kepala keluarga yang tingga di rumah bersubsidi
Alif Azhar Permai.

Proses serah terima aset PSU dilaksanakan di Ruang Auditorium Kantor Bupati Tanah Bumbu, Selasa (30/11/2021). Dalam kegiatan tersebut dilaksanakan Penandatanganan Berita Acara Serah Terima (BAST) PSU dari Direktorat Jenderal Perumahan yakni Direktur Jenderal Perumahan Khalawi Abdul Hamid kepada Pemda Kabupaten Tanah Bumbu yakni Bupati Tanah Bumbu, Zairullah Ashar.

Menurut Bupati Tanah Bumbu, Zairullah Ashar, para pengembang perumahan subdisi di wilayah Tanah Bumbu sangat membutuhkan bantuan PSU guna meningkatkan kualitas perumahan untuk masyarakat. Apalagi pandemi Covid-19 sangat berdampak pada penjualan perumahan bersubsidi.

"Kami siap mendukung penyaluran PSU dari Kementerian PUPR sebagai pendorong semangat pengembang dalam menyediakan rumah bagi masyarakat. Kami juga siap mengelola aset PSU yang ada," katanya.

Lebih lanjut dirinya menerangkan, adanya pembangun infrastruktur perumahan berupa PSU di Tanah Bumbu bisa meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian daerah. Dengan PSU berupa jalan lingkungan tentunya rumah bersubsidi miliki masyarakat bisa lebih tertata dengan baik.

Kepala Dinas Perumahan Permukiman dan Pertanahan KabupatenTanah Bumbu, Ansyari Firdaus menerangkan bahwa masyarakat juga sangat senang dengan adanya bantuan jalan ini.

"Kami berharap ke depan tidak hanya PSU saja yang di bantu oleh Kementerian PUPR tapi juga drainase perumahan," harapnya

(DIREKTORAT RUK/ BAGIAN HUKUM DAN KOMUNIKASI PUBLIK DITJEN PERUMAHAN KEMENTERIAN PUPR)

Tahukah kamu ?

Kongres Perumahan Sehat pertama pada tahun 1950 diadakan di Kota Bandung

Pertanyaan...
Jawaban anda benar!
Jawaban anda salah!

Ayo ikuti survei Kepuasan Pelayanan Publik

Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan Pelayanan Publik.

Ikuti