17 May 2022 | 10:29:14
Bahasa

BERITA

Kementerian PUPR Selesaikan 53 unit Rumah Khusus Korban Nanggala 402

JAWA TIMUR – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Direktorat Jenderal perumahan telah menyelesaikan pembangunan Rumah Khusus (Rusus) bagi ahli waris para Prajurit KRI Nanggala 402. Rumah khusus tersebut terletak di Desa Kedungkendo, Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo, dengan anggaran senilai Rp 12 Milyar.

“Kementerian PUPR melalui Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Jawa IV Direktorat Jenderal Perumahan telah menyelesaikan pembangunan perumahan khusus  sebanyak 53 unit rumah khusus bagi korban KRI Nanggala 402 di Sidoarjo, Jawa Timur," ujar Direktur Rumah Khusus Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Yusniewati di Jawa Timur, Rabu (20/4/2022).

Rumah khusus yang dibangun, imbuhnya, terdiri dari beberapa tipe. Pertama adalah satu unit rumah tipe 90 dengan luas tanah 320 meter yang diperuntukkan bagi Perwira Tinggi. Kedua, tujuh unit rumah tipe 72 dengan luas tanah 280 meter persegu bagi Perwira Menengah.

Selanjutnya tipe ketiga adalah10 unit rumah tipe 54 dengan luas tanah 280 meter persegi bagi Perwira Pertama. Sedangkan tipe ke empat adalah 35 unit rumah tipe 45 dengan luas tanah 236 meter persegu bagi prajurit Bintara dan Tamtama.

"Kami juga melengkapi Rusus yang telah selesai dibangun drngan fasilitas ruang serbaguna dan sudah bisa segera dihuni karena sudah tersedia fasilitas air, listrik dan PSU nya,” katanya.

Pembangunan rumah khusus dibangun di atas tanah seluas kurang lebih dua hektar dan proses pembangunannya telah dilaksanakan sejak 23 Agustus 2021 dan telah diselesaikan seluruhnya pada pertengahan Januari 2022 lalu.

"Lokasi pembangunan Rusus tersebut terletak di Desa Kedungkendo, Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo dengan nilai kontrak kurang lebih Rp 12 Milyar. Kontraktor pelaksana adalag PT. Paramita Multi Perkasa Leadfirm KSO  dan konsultan MK CV, Prima Cipta Consultant," tandasnya.

Sebagai informasi, perumahan Pahlawan Nanggala 402 tersebut telah diresmikan oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, sekaligus melaksanakan penandatanganan prasasti yang disaksikan oleh Kasal Laksamana TNI Yudo Margono dan Gubernur Jawa Timur Dra. Hj. Khofifah Indar Parawansyah pada Kamis, 11 November 2021 lalu.

Proses serah terima Rusus kepada ahli waris prajurit KRI Nanggala 402 dilaksanakan oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto pada Rabu (20/4/2022). Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dalam sambutannya menjelaskan, pembangunan perumahan tersebut merupakan Instruksi Presiden RI Ir. H. Joko Widodo dan merupakan suatu bentuk perhatian sekaligus penghargaan dari pemerintah terhadap para Pahlawan Prajurit KRI Nanggala-402 yang telah gugur di medan tugas.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Staf Angkatan Laut Laksmana TNI Yudo Margono, Direktur Rumah Khusus Kementerian PUPR Yusniewati, Bupati Sidoarjo Achmad Mudlor, Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Jawa IV Sultan Sidik Nasution dan ahli waris rusus KRI Nanggala.

“Pemerintah Indonesia telah membangun 53 unit Rumah Khusus KRI Nanggala  yang diperuntukan kepada ahli waris beserta sertifikatnya. Saya berharap semua pihak yang telah bekerja keras dapat memastikan sarana dan prasarana pendukung telah siap digunakan dan dapat segera di serahkan kepada keluarga. Semoga Rusus ini dapat bermanfaat dan memberi penghidupan yang lebih baik dan dijaga dan dirawat sebaik-baiknya,’’ tambahnya.

(BALAI P2P JAWA IV /BAGIAN HUKUM DAN KOMUNIKASI PUBLIK DIREKTORAT JENDERAL PERUMAHAN KEMENTERIAN PUPR)

Tahukah kamu ?

Kongres Perumahan Sehat pertama pada tahun 1950 diadakan di Kota Bandung

Pertanyaan...
Jawaban anda benar!
Jawaban anda salah!

Ayo ikuti survei Kepuasan Pelayanan Publik

Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan Pelayanan Publik.

Ikuti