03 December 2022 | 05:21:07
Bahasa

BERITA

Kementerian PUPR Resmikan Pemanfaatan Rusun Korem 132/Tadulako

Kota Palu, Sulawesi Tengah - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meresmikan pemanfaatan rumah susun (Rusun) Komando Resor Militer (Korem) 132/ Tadulako di Kota Palu, Sulawesi Tengah. Rusun senilai Rp 16,9 Miliar tersebut dibangun satu tower setinggi tiga lantai dengan 44 unit hunian yang mampu menampung sekitar 176 prajurit TNI bersama anggota keluarganya.

“Kami akan terus mendorong pembangunan Rusun di seluruh wilayah Indonesia. Hal ini merupakan upaya pemerintah untuk mengoptimalkan pemanfatan lahan yang ada untuk hunian,” ujar Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto di Jakarta, Kamis (29/9/2022).

 

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (P2P) Sulawesi II Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Bakhtiar menerangkan, adanya pembangunan Rusun ini diharapkan bisa membantu para prajurit TNI dalam pemenuhan kebutuhan papan berupa rumah yang layak huni. Selain itu juga dapat meningkatkan harkat dan martabat serta kesejahteraan para prajurit yang bertugas di Korem 132/Tadulako yang berada di bawah komando Kodam XIII/Merdeka untuk melaksanakan tugas mereka dalam melayani dan melindungi masyarakat.

Berdasarkan data yang ada di Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, imbuhnya, Rusun Korem 132/Tadulako ini dibangun oleh Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Sulawesi Tengah Balai P2P Sulawesi II di Jalan Abdurrahman Saleh Nomor 94, Kelurahan Birobuli Utara, Kecamatan Palu Selatan, Kota Palu. Rusun ini dibangun satu tower setinggi tiga lantai dengan jumlah unit hunian sebanyak 44 unit tipe 36.

Kementerian PUPR juga melengkapi Rusun tersebut dengan fasilitas pendukung lainnya seperti ruang serbaguna, ruang ibadah, ruang panel, dan ruang pengelola. Setiap unit hunian Rusun ini telah dilengkapi dengan meubelair berupa satu buah tempat tidur, satu buah ranjang susun, lemari pakaian, meja kursi makan dan meja kursi tamu.

“Anggaran pembangunan Rusun ini sebesar Rp 16,9 Miliar. Rusun ini memiliki 42 unit hunian tipikal dan dua unit khusus bagi difabel serta dapat menampung sekitar 176 prajurit TNI bersama anggota keluarganya.

Prosesi peresmian Rusun TNI tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti dan penggutingan pita oleh Kepala BP2P Sulawesi II, Bakhtiar dan Komandan Korem (Danrem) 132/Tadulako, Brigjen TNI  Toto Nurwanto, S.I.P., M.Si. Dalam kesempatan itu, dilakukan juga penyerahan dan penandatanganan dokumen berita acara serah terima pengelolaan dan pemanfaatan penghunian Rusun yang ditandantangani oleh Danrem 132/Tadulako.

Turut hadir dalam acara tersebut Kasubdit Pengembangan Permukiman Wilayah 3 Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR, Herman Taba, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Provinsi Sulawesi Tengah, Sahabuddin, Kepala Seksi Logistik Kasrem 132 Tadulako, Kolonel Inf Saiful Parenreng, S.Sos, Kepala Satuan Kerja  Penyediaan Perumahan Provinsi Sulawesi Tengah, Erpika Ansela Surira, PPK Rumah Susun, Nuryadin, PPK Hunian Tetap Pasca Bencana Sulteng, Zulfahmi serta prajurit dari Korem 132/Tadulako.

”Kami berharap para prajurit yang menjadi penghuni Rusun agar memanfaatkan hunian ini dengan sebaik mungkin, dirawat dan dijaga bangunan dan fasilitasnya agar aset negara ini dapat dimanfaatkan dalam jangka waktu yang lama,” harapnya.

Sementara itu, Danrem 132 Tadulako Tadulako Brigjen TNI Toto Nurwanto, S.I.P., M.Si menagku sangat berterima kasih kepada Kementerian PUPR atas bantuan Rusun yang diberikan kepada para prajurit yang bertugas di Korem 132/Tadulako Kodam XIII/Merdeka

“Alhamdulillah kita sudah meresmikan Rusun bantuan dari Kementerian PUPR bekerjasama dengan TNI Angkatan Darat. Bangunan vertikal ini sangat membantu prajurit TNI AD khususnya di Korem 132/Tadulako yang memang banyak anggota yang pidnah dari satuan lain serta anggota yang baru menikah yang tidak memiliki rumah,” terangnya. (BAGIAN HUKUM DAN KOMUNIKASI PUBLIK DIREKTORAT JENDERAL PERUMAHAN KEMENTERIAN PUPR)

Tahukah kamu ?

Kongres Perumahan Sehat pertama pada tahun 1950 diadakan di Kota Bandung

Pertanyaan...
Jawaban anda benar!
Jawaban anda salah!
Ayo ikuti survei Kepuasan Pelayanan Publik

Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan Pelayanan Publik.

Ikuti