26 October 2021
11:37:23

BERITA

Kementerian PUPR Minta Pemkab OKU Timur Dukung Program Perumahan

JAKARTA – Pelaksanaan pembangunan perumahan tidak akan berjalan dengan baik apabila pemerintah daerah belum memberikan dukungan terkait perijinan serta dukungan terhadap pelaksanaan Program Sejuta Rumah di daerah. Selain itu, pemerintah daerah diharapkan juga dapat mengintegrasikan berbagai program pembangunan infrastruktur dan perumahan agar masyarakat bisa menikmati hasil pembangunan yang dilaksanakan pemerintah.

“Kami berharap pemerintah daerah bisa mendukung serta mengintegrasikan berbagai program infrastruktur dan perumahan dengan baik agar daerahnya benar-benar maju dan berkembang,” ujar Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul hamid saat menerima audiensi Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, H. M. Kholid Mawardi di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta beberapa waktu lalu.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Direktur Rumah Swadaya, K.M Arsyad, Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Kabupaten OKU Timur, Danan Rachmat, dan Kepala Dinas PUPR Kabupaten OKU Timur Aldi Gurlanda.

Menurut Khalawi, masyarakat sangat memerlukan hunian yang layak huni di masa pandemi ini. Selain itu, adanya hunian yang layak huni juga mampu mewujudkan daerah bebas dari daerah kumuh sekaligus menata lingkungan dengan baik.

Beberapa program perumahan yang dapat diajukan usulannya oleh pemerintah daerah ke Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR antara lain pembangunan rumah susun, rumah swadaya, rumah khusus serta pembangunan prasarana, sarana dan utillitas (PSU) untuk rumah bersubsidi.

“Pemda juga dapat mengantisipasi semakin terbatasnya lahan dengan membangun rumah susun. Selain itu, data perumahan masyarakat serta penetapan lokasi pembangunan perumahan di daerah juga harus ada sehingga bantuan yang disalurkan bisa sesuai dengan target yang ditetapkan oleh pemerintah daerah setempat,” tandasnya.

Bupati Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, H. M. Kholid Mawardi mengungkapkan, pihaknya sangat membutuhkan bantuan Kementerian PUPR dalam pelaksanaan pembangunan infrastruktur dan perumahan untuk masyarakatnya.

“Kami sangat berterimakasih atas bantuan yang disalurkan Kementerian PUPR ke kabupaten OKU Timur. Pembangunan tersebut dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat apalagi kebutuhan hunian menjadi salah satu kebutuhan dasar masyarakat,” katanya.

(BAGIAN HUKUM DAN KOMUNIKASI PUBLIK DITJEN PERUMAHAN KEMENTERIAN PUPR)

Tahukah kamu ?

Kongres Perumahan Sehat pertama pada tahun 1950 diadakan di Kota Bandung

Pertanyaan...
Jawaban anda benar!
Jawaban anda salah!

Ayo ikuti survei Kepuasan Pelayanan Publik

Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan Pelayanan Publik.

Ikuti