01 February 2023 | 10:34:08
Bahasa

BERITA

Dirjen Perumahan Tinjau Hasil Pembangunan Infrastruktur Untuk Sail Tidore

Kota Tidore, Maluku Utara - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) siap memberikan dukungan terhadap penyelenggaraan Sail Tidore di Kawasan Pantai Tugulufa, Kota Tidore, Maluku Utara melalui pembangunan infrastruktur. Setidaknya ada sejumlah infrastruktur serta teknologi pendukung yang bisa dimanfaatkan panitia serta masyarakat serta wisatawan yang ingin menyaksikan Sail Tidore yang akan di gelar pada 24 – 29 November 2022 mendatang.

"Kami (Kementerian PUPR-red) siap mensukseskan Sail Tidore di Maluku Utara lewat pembangunan infrastruktur untuk masyarakat," ujar Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto saat meninjau lokasi penyelenggaraan Sail Tidore di Kota Tidore, Maluku Utara, beberapa waktu lalu.

Dalam kunjungan kerjanya tersebut, Iwan juga melihat langsung persiapan lapangan bersama sejumlah Direktur, Kepala Balai serta, Wakil Walikota Tidore, Muhammad Sinen dan Sekretaris Daerah Ismail Dukomalamo. Kawasan Pantai Tugulufa juga sudah tertata rapi dengan pembangunan taman bermain, tempat swafoto serta penataan pedagang yang menjajakan minuman dan makanan khas Kota Tidore seperti kopi dabe pisang goreng di kawasan kuliner Tugulufa.

Sail Tidore 2022 yang di gelar pada pada 24 – 29 November 2022 mendatang dengan tema "Tidore : Kota Warisan Dunia, Perekat Bangsa-Bangsa". Sail Tidore merupakan Sail Indonesia ke- 12 yang merupakan sebuah kegiatan pelayaran internasional diperairan Indonesia yang mendatangkan pelayar- pelayar internasional sejak Tahun 2009 dan bertujuan mendongkrat pemerintah daerah yang memiliki keindahan wisata.

Dari hasil pengamatan di lapangan, terlihat sejumlah pekerja sudah mempersiapkan venue berupa tenda serta membangun panggung di kawasan Pantai Tugulufa yang menjadi lokasi pusat penyelenggaraan Sail Tidore. Beberapa dukungan infrastruktur dari Kementerian PUPR antara lain perbaikan median jalan dan penataan taman di Kota yang sudah selesai dilaksanakan sejak beberapa waktu lalu.

“Kami juga menyediakan teknologi air siap minum atau drinking fountain yang dipasang di sejumlah titik oleh Balai Prasarana Permukiman Wilayah Maluku Utara Kementerian PUPR. Kami berharap teknologi ini bisa membantu masyarakat dan wisatawan untuk menikmati air siap minum dalam kegiatan Sail Tidore,” terangnya.

Menurut Iwan, persiapan Sail Tidore yang dilaksanakan oleh Pemda setempat harus didukung oleh semua pihak. Sebab selain mendukung sektor pariwisata, kegiatan tersebut juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat dan mendorong promosi hasil produk lokal Kota Tidore kepada wisatawan baik dalam negeri maupun luar negeri yang akan datang berkunjung menikmati keindahan alam Maluku Utara.

“Kementerian PUPR berharap penyelenggaraan Sail Tidore 2022 berjalan sukses dan lancar dan kesempatan besar bagi masyarakat Kota Tidore mempromosikan potensi daerah, sumber daya alam, kuliner dan kerajinan khas. Semoga Presiden Joko Widodo juga bisa hadir secara langsung untuk menyaksikan kegiatan Sail Tidore dan memberikan semangat  untuk masyarakat di Maluku Utara,” harapnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Tidore Muhammad Sinen menyatakan,  atas nama pemerintah dan masyarakat Tidore sangat mengapresiasi dukungan dan bantuan Kementerian PUPR terhadap Sail Tidore ini. Dirinya berharap melalui penyelenggaraan Sail Tidore ini generasi muda dan masyarakat tidak melupakan sejarah bahwa Indonesia adalah negara bahari.

“Infrastruktur dan teknologi yang dibangun Kementerian PUPR ini adalah wujud nyata perhatian pemerintah pusat sehingga Kota Tidore bisa maju dan berkembang sebagaimana kota dan provinsi lainnya di Indonesia,” harapnya. (BAGIAN HUKUM DAN KOMUNIKASI PUBLIK DIREKTORAT JENDERAL PERUMAHAN KEMENTERIAN PUPR)

Tahukah kamu ?

Kongres Perumahan Sehat pertama pada tahun 1950 diadakan di Kota Bandung

Pertanyaan...
Jawaban anda benar!
Jawaban anda salah!
Ayo ikuti survei Kepuasan Pelayanan Publik

Masukkan Anda sangat membantu kami dalam meningkatkan Pelayanan Publik.

Ikuti