Slide 1

Berita Perumahan > Bank Dunia Siap Dukung Program Bedah Rumah di Indonesia


Jumat, 14 Oktober 2016, Dilihat 638 kali

JAKARTA - Perwakilan Bank Dunia menyatakan siap mendukung pendanaan Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau yang dikenal sebagai Program Bedah Rumah di Indonesia. Namun demikian, dalam pelaksanaannya nanti Bank Dunia tetap harus mematuhi aturan penyaluran bantuan bedah rumah yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Demikian benang merah pertemuan antara perwakilan Bank Dunia dengan Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan dan Direktorat Jenderal Pembiayaan Perumahan dalam rangka pengembangan komponen-komponen di Jakarta kemarin.

Menurut Direktur Jnderal Penyediaan Perumahan Syarif Burhanuddin, Kementerian PUPR sangat mengapresiasi rencana Bank Dunia untuk mendukung Program BSPS atau bedah rumah bagi masyarakat di Indonesia. Pasalnya, jumlah rumah tidak layak huni di Indonesia jumlahnya cukup banyak dan tersebar di seluruh Indonesia.

Kondisi Perumahan di Indoensia yang tidak layak huni mencapai angka 2,51 juta. Dengan Program BSPS setidaknya rumah masyarakat yang tidak layak bisa di tingkatkan kualitasnya sehingga lebih layak huni, terangnya.

Syarif menambahkan, anggaran yang dialokasikan dalam APBN tentunya tidak bisa memenuhi kebutuhan bedah rumah bagi seluruh masyarakat. Oleh karena itu dukungan dari berbagai pihak seperti perusahaan swasta, masyarakat serta termasuk Bank Dunia sangat dibutuhkan.

Meskipun demikian, Syarif menjelaskan bantuan yang akan disampaikan Bank Dunia nantinya bukan hanya terkait pendanaan saja, melainkan juga dalam bentuk tecknical asssitance kepada sejumlah pemerintah daerahj yang memiliki program serupa.

Salah satu hal yang penting adalah penyaluran bantuan dari Bank Dunia harus tetap mengacu pada prosedur penyaluran Program BSPS yang sudah ditetapkan oleh Kementerian PUPR. Jadi skemanya jelas dan jangan sampai berbeda skema penyaluran dengan yang kita miliki, tandasnya.

Sementara itu perwakilan Bank Dunia, Samad menyatakan, Bank Dunia sangat ingin membantu pemerintah Indonesia dalam pelaksanaan program perumahan bagi masyarakat khususnya dalam program bedah rumah dan pembangunan infrastruktur lainnya. â??Kami ingin membantu agar masyarakat Indonesia juga dapat tinggal di rumah yang layak huni, harapnya. (Ris/ Komunikasi Publik Ditjen Penyediaan Perumahan)