Slide 1

Berita Perumahan > Kementerian PUPR Optimis Pembangunan Wisma Atlet Asian Games Tepat Waktu


Selasa, 20 September 2016, Dilihat 211 kali

<![endif]-->

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan tetap optimis pembangunan wisma atlet yang akan di gunakan pada pesta olahraga Asian Games XVIII dapat selesai tepat waktu.

 

Kami tetap optimis pembangunan wisma atlet Asian Games akan selesai tepat waktu. Rencananya  bulan Agustus 2017 mendatang seluruh pekerjaan telah selesai, ujar Kepala Satuan Kerja Penyediaan Rumah Susun Strategis Direktorat Rumah Susun Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Erizal kepada sejumlah wartawan dalam kegiatan Konferensi Pers terkait Dukungan Infrastruktur Asian Games XVIII di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta, Jumat (9/9).

 

Menurut Erizal, hingga saat ini realisai paket pekerjaan konstruksi wisma atlet hingga pekan ke 25 ini masih sesuai rencana yang telah ditetapkan sebelumnya. Namun demikian, pihaknya akan terus mendorong pekerjaan di lapangan agar wisma atlet yang berada di Kemayoran ini memiliki kualitas yang baik.

 

Untuk menyelesaikan pekerjaan megaproyek ini kami bahkan mendorong para kontraktor untuk bekerja tidak hanya dua shift kerja saja, tapi sampai tiga shift kerja. Kami juga berharap dukungan dari masyarakat dan media massa agar pekerjaa ini bisa sesuai dengan yang diharapkan,� terangnya.

 

Lebih lanjut, Erizal menyatakan, lokasi wisma atlet di kKemayoran berada di dua blok yang berbeda. Pertama di Blok C2 dengan rincian sebanyak 3 tower setinggi 18 dan 24 lantai. Jumlah unit hunian di Blok C 2 sebanyak 1.932 unit dengan luas lahan 145.000 meter persegi dan kapasitas hunian 5.796. Sedangkan di Blok D10 sebanyak 7 tower setinggi 24 dan 32 lantai dengan total unit sebanyak 5.494 unit serta luas lahan 333.800 meter persegi dan kapasitas hunian 16.482.

 

Dari 10 tower yang akan dibangun di Kemayoran ini nantinya dapat menampung 22.278 orang. Rusun ini nantinya akan dimanfaatkan sementara sebagai  wisma atlet, serta para wartawan yang meliput selama pelaksanaan Asian Games  serta memiliki fasilitas lengkap dan bisa digunakan sebagai media center juga. Setelah Asian Games selesai maka rencananya wisma atlet akan di gunakan untuk Rusun bagi masyarakat berpenghasilan rendah, terangnya.

 

Sebagaimana diketahui, Kementerian PUPR memberikan dukungan penuh dalam pembangunan infrastruktur serta hunian bagian para atlet yang akan berlaga di Asian Games yang diselenggarakan di Jakarta dan Palembang pada tahun 2018 mendatang. Untuk wisma atlet ini proses pelelangan serta penandatanganan kontrak dimulai pada Januari hingga Maret 2016. Sedangkan target penyelesaian pekerjaan diperkirakan selesai pada bulan Juni sampai Agustus 2017 mendatang.

 

Untuk topping off Rusun dipekirakan dilaksanakan pada bulan Desember 2016 hingga Februari 2017 mendatang, tandasnya. (RIS - Komunikasi Publik Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR)