Slide 1

Berita Perumahan > Simulasi Aplikasi Usulan Bantuan Perumahan SIBARU!


Rabu, 14 Oktober 2020, Dilihat 67 kali

dok. Kompu Perumahan

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Sistem dan Strategi Penyelenggaraan Perumahan Direktorat Jenderal Perumahan memberikan sosialisasi dan bimbingan teknis kepada aparatur pemerintah daerah di bidang perumahan dalam pengelolaan dan penyampaian data usulan bantuan perumahan melalui aplikasi SIBARU di Hotel Niagara Parapat, Sumatera Utara, Selasa (13/10/2020).

Aplikasi SIBARU adalah sebuah aplikasi yang dibangun sebagai upaya Direktorat Jenderal Perumahan untuk menyediakan sistem informasi bantuan perumahan yang terpadu, dan berfungsi untuk mengelola program bantuan perumahan mulai dari proses pengusulan, pembangunan, hingga pemanfaatan (termasuk serah terima aset dan penghunian).

Dengan aplikasi SIBARU ini diharapkan pengusulan bantuan perumahan dalam penggunaan dana APBN dapat fokus dan tepat sasaran, serta memiliki manfaat ekonomi, memberi manfaat untuk rakyat, dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Dalam acara bimbingan teknis ini para peserta diberikan infornasi serta tata cara pengajuan dengan menggunakan aplikasi SIBARU, mulai dari penginputan data lokasi serta memahami menu-menu yang ada di aplikasi SIBARU. Selain itu dalam aplikasi SIBARU juga terdapat beberapa ketentuan yang dapat di akses sebagai acuan dan landasan ketika ingjn mengajukan usulan pembangunan.

Bimbingan teknis pengusulan bantuan melalui aplikasi SIBARU yang diadakan selama  dua hari ini dibuka langsung Direktur Jenderal Perumahan Khalawi AH dan dihadiri  oleh Direktur Sistem dan Strategi Penyelenggaraan Perumahan Dwityo Akoro Soeranto, Direktur Rumah Swadya Arsyad, serta Kepala Dinas Bidang Perumahan di Provinsi dan Kabupaten/Kota Wilayah Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau dan Sumatera Barat.

 Dalam sambutannya Khalawi menyampaikan bahwa aplikasi SIBARU ini nantinya akan terintegrasi dengan aplikasi2 perumahan lainnya seperti SIRUSUS, SIPRUS dan ERTLH.

Serta memudahkan para pengaju bantuan untuk lebih cepat mengajukan permohonan bantuan dengan cara online dari daerah masing-masing.

"Kedepannya, semua usulan bantuan perumahan PUPR  seluruhnya dilakukan melalui aplikasi SIBARU dan setiap Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan juga dapat memonitor serta mengawal seluruh usulan, yang telah diinputkan oleh para calon pengusul bantuan." Imbuh Khalawi. Bagian Hukum dan Komunikasi Publik Ditjen Perumahan