Slide 1

Berita Perumahan > Ditjen Perumahan Adakan Sinkronisasi Penyusunan Laporan Keuangan


Kamis, 08 Oktober 2020, Dilihat 59 kali

Bagian Hukum dan Komunikasi Publik

TANGERANG - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Direktorat Jenderal Perumahan menyelenggarakan Konsolidasi Penyusunan Laporan Keuangan dan BMN Triwulan III Tahun Anggaran 2020 di Hotel Harison Tangerang, Selasa (6/10/2020).

"Pada tahun 2019 lalu, Kementerian PUPR mendapatkan opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) atas Laporan Keuangan dari BPK untuk tahun anggaran 2018 dan meraih kembali di tahun 2020 tahun anggaran 2019. Kami sampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya dalam melaksanakan tugas terkait penyusunan laporan keuangan sehingga dapat meraih kembali opini WDP," ujar Sekretaris Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Dadang Rukmana saat memberikan arahan dan membuka secara resmi acara Konsolidasi Penyusunan Laporan Keuangan dan BMN Triwulan III TA 2020.

Kegiatan tersebut dihadiri Perwakilan dari Biro Keuangan, Biro PBMN, Para Kepala Satker di lingkungan Ditjen Perumahan, Para Nara sumber/Para Pendamping serta Para Petugas Penyusunan Laporan Keuangan dan BMN.

Menurut Dadang, kegiatan penyusunan laporan keuangan dilaksanakan sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan No. 222/PMK.05/2016 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor 177/PMK.05/2015 tentang Pedoman Penyusunan dan Penyampaian Laporan Keuangan Kementerian/Lembaga serta ketentuan peraturan terkait lainnya serta berpedoman pada prinsip-prinsip akuntansi yang diterapkan dalam menyusun dan menyajikan laporan keuangan pemerintah sesuai Peraturan Pemerintah No. 71 Tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP).

Dadang menambahkan ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menyusun laporan dan keuangan BMN antara lain memastikan aplikasi Satker sudah menggunakan update terakhir, setiap satker sudah melakukan jurnal balik atas jurnal penyesuaian akrual, ketepatan penggunaan akun sesuai dengan keputusan Ditjen Perbendaharaan No. KEP-211/PB/2018, Rekon internal berjalan dengan baik, data yang diupload sama dengan data SAIBA, monitoring dan pengecekan atas Validasi e-Rekon-LK, mengumpulkan Backup Satker (Persediaan, SAIBA & SIMAK), dan Pengungkapan pada CALK (Catatan Ringkas Barang Milik Negara).


"Saya berharap kepada seluruh peserta yang hadir agar fokus dan aktif dalam mengikuti acara konsolidasi ini sehingga laporan keuangan dan BMN Triwulan III tahun 2020 dapat disusun dengan baik, akurat, handal, tepat waktu dan dapat disajikan sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP) berdasarkan peraturan dan ketentuan yang berlaku dna tetap memperhatikan Protokol Covid-19," harapnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Keuangan, PBMN dan Barang Persediaan Bencana Ditjen Perumahan Sumadiyono menyatakan, pada LKKL Triwulan III Tahun 2020 disusun dengan berpedoman pada PMK Nomor 222/PMK.05/2016 tentang Perubahan atas PMK Nomor 177/PMK.05/2015 tentang Pedoman Penyusunan dan Penyampaian LKKL dan berpedoman pada Surat Direktur Jenderal Perbendaharaan No.S-757/PB/2020 tanggal 30 September 2020 tentang Penyusunan Laporan Keuangan Kementerian Negara/Lembaga Triwulan III Tahun 2020.

Kegiatan ini juga dilakukan dalam rangka penyusunan Laporan Keuangan dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Semester I Tahun 2020 mulai dari tingkat Satker, Eselon I dan tingkat Kementerian.

“Konsolidasi Penyusunan Laporan Keuangan dan BMN Triwulan III TA 2020 diikuti sebanyak 104 orang peserta yang terdiri dari dari gelombang I sebanyak 58 orang peserta dan gelombang II sebanyak 47 orang peserta," terangnya. (BAGIAN HUKUM DAN KOMUNIKASI PUBLIK DITJEN PERUMAHAN KEMENTERIAN PUPR)

 

INFORMASI LEBIH LANJUT :
Bagian Hukum dan Komunikasi Publik
Direktorat Jenderal Perumahan
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Email : kompu.pp@gmail.com