Slide 1

Berita Perumahan > Kementerian PUPR Bangun Rusun Santri di Bangka Belitung


Jumat, 10 Juli 2020, Dilihat 108 kali

dok. Kompu Perumahan

BANGKA TENGAH - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Direktorat Jenderal Perumahan mulai membangun rumah susun untuk para santri di Pondok Pondok Pesantren Nurul Falah, Air Mesu, Kecamatan Pangkalan Baru, Bangka Tengah. Rusun santri tersebut rencananya akan dibangun setinggi dua lantai dengan anggaran Rp 3,18 Milyar.

"Rumah susun santri di Bangka ini akan dibangun sebanyak satu tower setinggi dua lantai dengan tipe barak. Rusun ini memiliki daya tampung sebanyak 88 santri dengan target pembangunan selama empat bulan dan biaya Rp 3,18 Milyar," ujar
Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Sumatera V, Darwis saat Peletakan Batu Pertama di Pondok Pondok Pesantren Nurul Falah, Air Mesu, Jum'at (10/7/2020).

Peletakan batu pertama ini dihadiri Wagub Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Abdul Fatah, Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Sumatera, Darwis, Kepala SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Bangka Belitung, Saiful Anwarn Pimpinan Pondok Pesantren Nurul Falah, Camat, serta tokoh agama, dan tokoh masyarakat setempat

Darwis menjelaskan, sesuai arahan Menteri PUPR Basuki Madimuljono, Rusun sebagai aset negara bisa dimanfaatkan dengan sebaik baiknya, digunakan secara optimal untuk mendorong para pelajar untuk belajar tinggal di hunian vertikal. Selain itu, dirinya juga meminta agar Rusun santri ini agar dapat dipelihara dan dihuni segera setelah proses pembangunan selesai.

"Pondok pesantren ini memiliki peran besar dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) di tanah air termasuk di Bangka tengah ini," terangnya.

Adanya pembangunan Rusun ini, imbuhnya, diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai tempat tinggal para santri selama menempuh pendidikan agama di Ponpes.

Berdasarkan data yang ada di Kementerian PUPR, untuk tahun 2020 setidaknya akan dibangun tiga Rusun di Provinsi Bangka belitung yaitu dua revitalisasi Rusun dan dan satu tower Rusun baru.

Wagub Bangka Belitung, Abdul Fatah mengatakan, pembangunan Rusun ini merupakan salah satu upaya pemerintah menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berakhlak baik di Babel sehingga dapat menghadapi tantangan di era digital saat ini.

"Dengan menyiapkan SDM yang maju kami yakin masa depan Provinsi Babel bahkan Indonesia akan menjadi lebih baik. Selain itu Rusun ini juga sebagai fasilitas untuk mencerdaskan generasi muda di pondok pesantren ini," harapnya.

Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh mengucapkan terima kasih kepada Kementerian PUPR atas pembangunan Rusun Ponpes Nurul Falah dan berharap pembangunan dapat berjalan dengan lancar tanpa halangan apapun.

"Kami berharap pembangunan Rusun untuk pondok pesantren ini dapat memacu semangat belajar mengajar di lingkungan Pondok Pesantren Nurul Falah. Jadi para santri belajarnya semakin giat," ujarnya.

Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Falah H. Rusdi selaku Ketua Yayasan Pengembangan Pondok Pesantren Nurul Falah mengucapkan terima kasih terhadap Kementerian PUPR atas pembangunan Rusun untuk santri ini

"Rusun ini sangat bermanfaat dan menambah prasana untuk kenyamanan bagi santri sehingga menambah rasa aman bagi orangtua yang menitipkan anaknya disini untuk menuntut ilmu agama di Ponpes ini," katanya. Bagian Hukum dan Komunikasi Publik Ditjen Perumahan Kementerian PUPR