Slide 1

Berita Perumahan > BANGUN SINERGI PESANTREN DAN GEREJA MELALUI RUMAH SUSUN


Jumat, 14 Februari 2020, Dilihat 185 kali

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan meresmikan Rumah Susun Seminari Menengah ST. Yohanes Maria Vanney Keuskupan, Rumah Susun Yayasan Kabar Senang Sekolah Tinggi Teologi Immanuel Sintang, Rumah Susun Ponpes Agropolitan Nurul Ma’arif, Rumah Susun Ade Moch Joen Pemerintah Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat, Kamis (13/02/2020).

Peresmian Rumah Susun tersebut ditandai dengan Penandatanganan prasasti dan Pengguntingan pita, turut mendampingi Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan, Direktur Jenderal Bina Marga, Ketua Komisi V DPR RI, Bupati Sintang, Wakil Bupati Sintang dan Uskup.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono mengungkapkan “Ini adalah kunjungan pertama kali saya ke sintang, Kalimantan Barat. Pembangunan infrastruktur selalu menjadi prioritas Indonesia maju dengan meneruskan pembangunan 5 tahun yg lalu, semua ini kami lalukan mengejar ketertinggalan kita, guna membangun Indonesia yg lebih baik dan sejahtera khususnya di daerah perbatasan seperti Kalimantan. terselenggaranya peresmian ini juga atas kerjasama antara pemerintah dengan komisi V DPR RI.
 
Keempat Rumah Susun tersebut dibangun oleh SNVT (Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu) Provinsi Kalimantan Barat Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan, diantaranya:

1. Rumah Susun Seminari Menengah ST. Yohanes Maria Vanney Keuskupan, dibangun pada tahun 2019 melalui dana APBN Rp. 13,050.330.862,00,- berjumlah 42 unit, tipe 24 setinggi 2 lantai dan dapat menampung 162 siswa.
2. Rumah Susun Yayasan Kabar Senang Sekolah Tinggi Teologi Immanuel Sintang, dibangun pada tahun 2019 melalui dana APBN Rp. 12.998.820.132,00,- dapat menampung 162 Mahasiswa, berjumlah 42 unit dengan tipe 24 setinggi 2 lantai berkapasitas 162 Mahasiswa dengan tipe hunian 24 setinggi 2 lantai.
3. Rumah susun Pondok Pesantren Agropolitan Nurul Ma’Arif dibangun pada tahun 2017 dengan dana APBN Rp. 9.689.317,- berjumlah 12 unit dengan tipe 36 Barak setinggi 3 lantai diperuntukkan bagi tempat tinggal Santriwati,
4. Rumah Susun Rs Ade Moch DJoen Pemerintah Kabupaten Sintang dibangun pada tahun 2018 dana APBN Rp. 12.387.000.000. Berjumlah 42 unit dengan tipe 36 setinggi 3 lantai dan diperuntukkan bagi Tenaga medis dan rumah singgah keluarga pasien.

Keempat rusun tersebut telah dilengkapi listrik, jaringan air bersih dan jalan lingkungan, serta furniture seperti tempat tidur, lemari, dan meja kursi sehingga dapat langsung ditempati.

Pada kesempatan tersebut Bupati Sintang, Jarot Winarno mengucapkan selamat datang Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Terima kasih atas pembangunan infrastruktur yang telah diresmikan di Sintang, kami disini sangat merasakan manfaat pembangunan infrastruktur di Sintang.

Sementara itu salah satu seminaris (siswa) Seminari Menengah ST. Yohanes Maria Vanney Keuskupan, Paulus Febri Rabuni merasa senang karena mendapatkan hunian yg jauh lebih layak dari hunian sebelumnya. Fasilitas di hunian yg baru jauh lebih lengkap,nyaman dan juga mendukung dalam proses belajar sehari-hari. Ketika masih berada di hunian lama, ruang tidur terpisah". Hanya akrab dengan teman 1 angkatan, tetapi kurang mengenal teman yg lain. Dengan hunian yg baru, rasa kekeluargaan semakin terasa. Selain itu membuat para seminaris juga memiliki pola hidup yg lebih baik, seperti bagaimana cara merapikan tempat tidur yg benar, membersihkan kamar dan juga merawat kamar mandi, ujar Febri siswa kelas XII.


Ketua Komisi V DPR RI, Lasarus pun juga menyampaikan Bangunan ini manfaatnya luar biasa, ini adalah berkat sinergi yang baik mulai pesantren dan gereja sudah Terakomodir, ini negara Pancasila kita semua bisa merasakan luar biasa, semoga kedepan bisa membangun infrastruktur” lainnya.

Sesuai dengan arahan Presiden RI, pembangunan infrastruktur adalah sprogram prioritas setelah pembangunan sumber daya manusia. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun rusun yang diperuntukkan bagi para siswa, mahasiswa dan santri dalam rangka melaksanakan Visi Presiden untuk membangun SDM Unggul menuju Indonesia Maju.

Terselenggaranya peresmian ini juga atas kerjasama antara Pemerintah dengan komisi V DPR RI, saya harap rusun ini bisa dipelihara dengan sebaik baiknya, rusun listrik, air, meubelair dimanfaatkan dan pelihara dengan baik, tutup Menteri PUPR.

(BAGIAN HUKUM DAN KOMUNIKASI PUBLIK DITJEN PENYEDIAAN PERUMAHAN KEMENTERIAN PUPR)

INFORMASI LEBIH LANJUT :
Bagian Hukum dan Komunikasi Publik
Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Email : kompu.pp@gmail.com