Slide 1

Berita Perumahan > TINJAU BSPS KOTA AMBON, DIREKTUR PERENCANAAN: SEMOGA HIDUP SEMAKIN SEHAT


Rabu, 12 Februari 2020, Dilihat 340 kali

Ambon, Kompu – Disela-sela kunjungannya mengikuti Rapat Kerja dan Koordinasi Forum OPD Perumahan dan Kawasan Permukiman Provinsi Maluku Tahun 2020 yang berlangsung di Hotel Golden Palace Kota Ambon (10/2/20), Direktur Perencanaan Penyediaan Perumahan Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, Ir. Dwityo Akoro Soeranto, MURP, berkesempatan meninjau program pembangunan yang telah dijalankan oleh SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Maluku tahun anggaran 2019.

Salah satu program pembangunan yang ditinjau adalah BSPS (Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya). Berlokasi di Taeno Desa Rumah Tiga Kota Ambon, Direktur Perencanaan Penyediaan Perumahan melihat secara langsung rumah yang telah selesai dikerjakan secara swadaya oleh masyarakat. Setidaknya terdapat tiga kepala keluarga yang menerima bantuan perumahan ini. Diantaranya keluarga bapak La Baharudin, keluarga bapak La Puma dan keluarga Bapak Rahma Ode. Yang mana ketiga keluarga ini memperoleh bantuan program rumah swadaya yang dilaksanakan pada tahun 2019.

Selain melihat secara langsung kondisi fisik bangunan rumah, struktur pada bangunan pun menjadi hal utama yang diamati. Salah satunya adalah rangka atap. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan maka pemasangan rangka atap pada bangunan rumah harus diperhatikan secara baik dan benar terkususnya pada penyambungan kayu-kayu. Selain itu, kamar mandi dan ruang dapur akan lebih baik jika berada pada satu bangunan rumah dan tidak terpisah, ujar Direktur Perencanaan Penyediaan Perumahan Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Ir.Dwityo Akoro Soeranto.

“Mudan-mudahan hidupnya semakin lebih sehat bersama anak-anak. Kalau rumahnya tidak sehat, nanti anaknya juga tidak sehat,” tutup beliau kepada keluarga penerima bantuan. Diakhir kunjungannya, dilakukan pemasangan peneng BSPS sebagai bukti bahwa pembangunan rumah telah selesai. Sekedar informasi, program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) untuk Provinsi Maluku di tahun 2019 berjumlah 3000 unit untuk reguler dan 503 untuk NAHP, sehingga total 3503 unit yang tersebar di 9 Kabupaten dan 2 Kota.

Dalam kesempatan yang sama turut hadir pula Kepala Satuan Kerja SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Maluku Refi Latuamury,ST, PPK Rumah Susun/Khusus Titin Layn,ST,MT dan pejabat PPSPM Baktiar Kaimudin,SE. Selain meninjau program BSPS tahun anggaran 2019, Direktur Perencanaan Penyediaan Perumahan Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan berkesempatan pula melihat secara langsung program rumah susun yang telah dibangun di kota ambon. Diantaranya rumah susun mahasiswa STAKPN Ambon (Sekolah Tinggi Agama Kristen Protestan Negeri Ambon) yang belokasi di Desa Halong dan rumah susun ASN (Aparatur Sipil Negara) yang berada di Desa Nania Kota Ambon.

Tim Kompu SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Maluku Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR