Slide 1

Berita Perumahan > Himperra Bagikan Rumah Gratis Untuk Pegawai Kementerian PUPR


Jumat, 20 Desember 2019, Dilihat 323 kali

JAKARTA - Para pengembang yang tergabung dalam Himpunan Pengembang Permukiman dan Perumahan Rakyat (Himperra) membagikan sebanyak tiga unit rumah bersubsidi secara gratis untuk tiga pegawai Kementerian PUPR. Rumah tersebut dibagikan sebagai bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) Himperra bagi pegawai yang belum memiliki rumah dan tergolong masyarakat berpenghasilan rendah.

"Kegiatan penyerahan rumah secara gratis ini kami laksanakan setiap tahun. Kali ini kami membagikan tiga rumah secara gratis kepada tiga pegawai Kementerian PUPR yang belum memiliki rumah," ujar Ketua Umum DPP Himperra Endang Kawidjaja kepada sejumlah wartawan di sela-sela Kongres I Himperra di Jakarta, Kamis (19/12/2019).

Endang menerangkan, pada tahun 2019 ini
para pengembang yang menjadi anggota Himperra akan membagikan 23 rumah bersubsidi dan satu unit rumah susun (rusun) secara gratis pada masyarakat kurang mampu dan belum memiliki rumah.

Adapun target penyaluran rumah bersubsidi dan rusun tersebut adalah para atlet berprestasi, para pegawai dan masyarakat yang kurang mampu, para imam masjid, dan mereka yang hafidz Al Quran.

Pada Kongres I Himperra tersebut, sejumlah pengembang yang membagikan rumah tersebut secara simbolis kepada Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid untuk selanjutnya diserahkan kepada tiga pegawai Kementerian PUPR.

Berdasarkan data yang ada, para pegawai yang menerima rumah gratis tersebut antara lain Agus Setyono yang bekerja sebagai supir Menteri PUPR, Aan Ardiyan dan Taufik Saeful Aziz yang bekerja sebagai pramubakti. Masing-masing penerima CSR tersebut mendapatkan satu unit rumah bersubsidi secara gratis di tiga lokasi yang berbeda yakni Perumahan Puri Arraya di Kabupaten Bogor yang dibangun PT. Agung Graha Kencana, Baros City View di Kabupaten Bandung yang dibangun PT. Fajar Terbit dan Pratama Indah Residence di Kabupaten Sukabumi yang dibangun PT. Cakra Graha Kencana.

"Selain serah terima kunci, setiap rumah yang kami berikan sudah dilengkapi dengan sertifikat atas nama penerima bantuan CSR Himperra," tandasnya.

Salah seorang penerima bantuan rumah gratis, Agus Setyono menyatakan, dirinya sangat senang menerima bantuan rumah gratis dari Himperra. Agus yang sudah bekerja sebagai supir Menteri PUPR selama kurang lebih 15 tahun saat ini belum memiliki rumah sendiri dan selam ini tinggal di rumah dinas Kementerian PUPR yang ada di Bekasi.

"Saya sangat bersyukur bisa dapat rumah gratis dari Himperra. Saya harap Himperra bisa melaksanakan kegiatan ini secara rutin karena masih banyak pegawai yang belum punya rumah," ujarnya.

Hal senada juga disampaikan penerima rumah gratis lainnya Aan Ardiyan. Dirinya memgaku selama ini dirinya dan keluarga masih mengontrak rumah di Pasar Minggu. Setiap bulan dirinya harus menyisihkan uang sebesar Rp 1 juta untuk membayar uang sewa rumah petak yang dikontraknya.

"Gaji saya hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Kalau buat beli rumah tentunya masih kurang. Alhamdulillah dapat bantuan rumah gratis dari Himperra," terangnya.

Sementara itu, Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid mengapresiasi kegiatan pembagian rumah gratis dari Himperra tersebut. Menurutnya, adanya CSR dari pengembang perumahan sangat membantu MBR untuk memiliki rumah.

"Jika hal ini dilaksanakan secara rutin tentunya akan semakin menambah semangat para penerima bantuam untuk bekerja. Saya harap hal ini juga bisa menjadi amal ibadah bagi para pengembang Himperra untuk membantu masyarakat yang memang benar-benar belum memiliki rumah," harapnya. Bagian Hukum dan Komunikasi Publik Ditjen Penyediaan Perumahan