Berita

Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Luncurkan Majalah Maisona Volume ke 6, Selengkapnya klik disini!

Peletakan Batu Pertama Rumah Susun MBR di Nagari Painan Selatan





PAINAN- Dalam rangka mencukupi kebutuhan rumah layak huni di Kabupaten Pesisir Selatan, Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan dan SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Sumatera Barat melakukan kegiatan peletakan batu pertama pada pembangunan Apartemen Sehat/ Rumah Susun Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) yang berlokasi di Kampung Muaro Nagari Painan Selatan Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan Provinsi Sumatera Barat, Sabtu (14/4).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Khalawi Abdul Hamid, Kepala SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Sumatera Barat Indra M. Sutan Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni, Wakil Ketua DPRD Pesisir Selatan Aprial Abas, Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Perumahan Rakyat Pesisir Selatan Mukhridal, Kepala Kejaksaan Negeri Pesisir Selatan Yeni Puspita, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah Pesisir Selatan, Forkopimda serta undangan lainnya.  

Indra M. Sutan yang merupakan Ketua Pelaksana menjelaskan bahwa Rumah Susun MBR Kabupaten Pesisir Selatan akan dibangun pada lahan seluas 3000 m2 yang terdiri dari tiga lantai dan 42 unit kamar tipe 36 dengan total anggaran sebesar Rp 12,5 miliar. Pihak pelaksana ialah PT. Bintang Milenium Perkasa dan PT. Widya Graha Asana yang akan berperan sebagai Manajemen Konstruksi. Untuk jangka waktu pelaksanaannya ialah 240 hari kalender.

Dalam sambutannya Khalawi menyampaikan pembangunan rumah susun diperuntukkan bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) agar mendapatkan tempat tinggal yang layak namun tidak memberatkan.

“PNS di Pesisir Selatan terutama golongan dua masih banyak yang membutuhkan tempat tinggal yang layak. Dengan adanya rumah susun yang bertempat di pusat Kota Painan dan dekat dengan semua perkantoran, saya berharap para PNS mampu meningkatkan kinerjanya dan kedisiplinan serta kepedulian untuk menjaga dan memelihara aset karena untuk mendapatkannya kita membutuhkan anggaran yang cukup besar dan pastinya tidak mudah” ungkap Khalawi.




Selain bantuan pembangunan Rusun MBR, Kementerian PUPR juga memberikan bantuan Rumah Khusus Nelayan dan Bedah Rumah Tidak Layak Huni di Kabupaten Pesisir Selatan pada tahun 2018.

Rumah Khusus Nelayan ditempatkan di tiga Kecamatan diantaranya di Kecamatan IV Jurai, tepatnya di Nagari Painan Selatan sebanyak 50 unit, di Batangkapas 25 unit, dan Muarokandis Kecamatan Linggo Sari Baganti sebanyak 25 unit, dengan anggaran per unit Rp 120 juta. Ditargetkan rumah khusus hunian nelayan ini sudah bisa ditempati pada tahun 2018, karena saat ini sedang dalam tahap pembangunan jalan lingkar dan drainase. Terkait bantuan Bedah Rumah Tidak Layak Huni, Kementerian PUPR juga telah mengalokasikan bantuan sebanyak 1000 unit pada tahun 2018. Diharapkan bantuan ini mampu menjawab kebutuhan Kabupaten Pesisir Selatan” tutur Khalawi.

Sementara itu, Hendrajoni selaku Bupati Pesisir Selatan menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak Kementerian PUPR karena telah memberikan perhatian yang cukup besar kepada Kabupaten Pesisir Selatan terutama dalam membantu masyarakat untuk mendapatkan rumah yang layak untuk ditempati. (Retno/Nisa-Komunikasi dan Publikasi SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Sumatera Barat)

Kegiatan

  • Kunjungan Dirjen ke Wisma Atlet Blok C2 Kunjungan Dirjen ke Wisma Atlet Blok C2
  • Kunjungan Dirjen ke Wisma Atlet Blok D10 Kunjungan Dirjen ke Wisma Atlet Blok D10
  • Pelantikan Pejabat Perbendaharaan Pelantikan Pejabat Perbendaharaan
  • Pembinaan Pejabat Perbendaharaan Pembinaan Pejabat Perbendaharaan
  • Penyerahan Sertifikat Tanah lokasi rencana Pembangunan Rusunawa di Kawasan Pemukiman Nelayan Kelurahan Sumber Jaya Kota Bengkulu kepada Ditjen Penyediaan perumahan Penyerahan Sertifikat Tanah lokasi rencana Pembangunan Rusunawa di Kawasan Pemukiman Nelayan Kelurahan Sumber Jaya Kota Bengkulu kepada Ditjen Penyediaan perumahan
  • Kunjungan Dirjen ke Pameran BTN EXPO 2018 Kunjungan Dirjen ke Pameran BTN EXPO 2018
  • GROUNDBREAKING 2 RUSUNAWA DI BATAM GROUNDBREAKING 2 RUSUNAWA DI BATAM
  • KHALAWI LIHAT LANGSUNG PROGRES PEMBANGUNAN RUSUN UNIVERSITAS INTERNASIONAL BATAM KHALAWI LIHAT LANGSUNG PROGRES PEMBANGUNAN RUSUN UNIVERSITAS INTERNASIONAL BATAM
  • DIRJEN BUKA BIMTEK VIDEOGRAFI BIDANG PERUMAHAN DI LOMBOK 11-13 JULI 2018 DIRJEN BUKA BIMTEK VIDEOGRAFI BIDANG PERUMAHAN DI LOMBOK 11-13 JULI 2018
  • KAHALAWI HADIRI BIMTEK PENDATAAN ARSIP MELALUI APLIKASI e-HRM KAHALAWI HADIRI BIMTEK PENDATAAN ARSIP MELALUI APLIKASI e-HRM