Berita

Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Luncurkan Majalah Maisona Volume ke 6, Selengkapnya klik disini!

Kementerian PUPR Minta Dukungan Pengembang Sukseskan Program Satu Juta Rumah



JAKARTA – Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meminta dukungan dari para pengembang untuk mensukseskan Program Satu Juta Rumah di tahun 2018 ini. Hal itu dikarenakan peran aktif pengembang dalam pembangunan perumahan di Indonesia sangatlah dibutuhkan dan sangat membantu dalam meningkatkan perekonomian bangsa Indonesia.

Demikian benang merah kegiatan silaturahmi Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid dengan Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Realestat Indonesia (DPP REI) Soelaeman Soemawinata di Kantor DPP REI di Jalan Teuku Nyak Arief No. 98 Jakarta, Selasa (9/1/2018).

Khalawi yang mengenakan kemeja putih lengan panjang mendatangi Kantor Sekretariat DPP REI bersama sejumlah pejabat Eselon II di lingkungan Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan sekitar pukul 10.00 WIB. Kedatangan Dirjen Penyediaan Perumahan kemudian disambut oleh Ketua Umum REI yang didampingi Sekretaris Jnderal DPP REI Totok Lusida dan pengurus REI lainnya serta dilanjutkan dengan pertemuan yang dilangsungkan di lantai 3 Kantor Sekretariat DPP REI.

“Kedatangan saya ke Sekretariat DPP REI ini adalah untuk menjalin silaturahmi dengan Ketua Umum REI beserta pengurus REI lainnya. Pengembang perumahan yang tergabung dalam REI adalah satu mitra kerja Kementerian PUPR dalam melaksanakan Program Satu Juta Rumah,”ujar Khalawi.



Lebih lanjut, Khalawi menjelaskan, Kementerian PUPR sangat berterimakasih atas dukungan dari para pengembang perumahan yang telah membantu pemerintah dalam membangun rumah bagi masyarakat. Dalam Program Satu Juta Rumah ini pemerintah pun mengajak seluruh pengembang perumahan untuk ikut memberikan perhatian pada pembangunan hunian bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

“Pemerintah juga akan berusaha membuat regulasi yang mampu mengakomodir berbagai kepentingan baik masyarakat serta dunia usaha lainnya. Yang penting regulasi yang ada bisa dilaksanakan di lapangan dan membawa manfaat bagi semua pihak,”terangnya.

 

Terkait dengan pembangunan satu juta unit rumah per tahun yang menjadi salah satu target Program Satu Juta Rumah, Khalawi menjelaskan pihaknya mengajak berbagai pihak untuk tetap optimis dan bekerja sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya masing-masing.

Khalawi juga menyatakan pihaknya juga akan menjalin silaturahmi dengan para pengembang yang tergabung dalam berbagai asosiasi pengembang perumahan lainnya. Sebab pemerintah tentunya tidak akan mampu memenuhi seluruh kebutuhan hunian masyarakatnya.

Upaya untuk menjemput bola dan menjalin kerjasama dengan para pengembang di daerah pun akan dilaksanakan oleh Ditjen Penyediaan Perumahan untuk mendorong pelaksanaan Program Satu Juta Rumah di daerah. Hal itu dikarenakan kebutuhan hunian tidak hanya terfokus di kawasan perkotaan saja melainkan juga di daerah-daerah.



“Kami juga siap menerima masukan dari berbagai pengembang yang menjadi pelaksana pembangunan di lapangan. Semangat pengembang untuk ikut membangun hunian bagi masyarakat ini harus didukung juga oleh kemudahan perijinan dari Pemda.  Jangan sampai regulasi yang ada harus bisa dilaksanakan di lapangan,”tandasnya.

Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Realestat Indonesia (DPP REI) Soelaeman Soemawinata menyatakan, dirinya mengucapkan terimakasih atas kedatangannya Dirjen Penyediaan Perumahan serta perhatian pemerintah yang telah bekerja keras mendorong pembangunan perumahan bagi masyarakat Indonesia. REI sebagai salah satu asosiasi pengembang yang bergerak di sektor properti tentunya akan memberikan dukungan terhadap Program Satu Juta Rumah.

“REI adalah mitra pemerintah dalam Program Satu Juta Rumah. Meskipun kami fokus dalam bisnis properti namun kami juga memiliki idealisme untuk bagaimana membangun bangsa Indonesia melalui pembangunan perumahan bagi MBR, katanya.

Sebagai informasi, Berdasarkan status data yang di himpun Kementerian PUPR  per tanggal 31 Desember 2017 total capaian Program Satu Juta Rumah pada tahun 2017 lalu sekitar 904.758 unit rumah. Jumlah tersebut lebih baik jika dibandingkan capaian Program Satu Juta Rumah pada tahun 2016 yakni 805.169 unit rumah. (Ristyan/ Komunikasi Publik Ditjen penyediaan Perumahan kementerian PUPR)

Kegiatan

  • Kunjungan Dirjen ke Wisma Atlet Blok C2 Kunjungan Dirjen ke Wisma Atlet Blok C2
  • Kunjungan Dirjen ke Wisma Atlet Blok D10 Kunjungan Dirjen ke Wisma Atlet Blok D10
  • Pelantikan Pejabat Perbendaharaan Pelantikan Pejabat Perbendaharaan
  • Pembinaan Pejabat Perbendaharaan Pembinaan Pejabat Perbendaharaan
  • Penyerahan Sertifikat Tanah lokasi rencana Pembangunan Rusunawa di Kawasan Pemukiman Nelayan Kelurahan Sumber Jaya Kota Bengkulu kepada Ditjen Penyediaan perumahan Penyerahan Sertifikat Tanah lokasi rencana Pembangunan Rusunawa di Kawasan Pemukiman Nelayan Kelurahan Sumber Jaya Kota Bengkulu kepada Ditjen Penyediaan perumahan
  • Kunjungan Dirjen ke Pameran BTN EXPO 2018 Kunjungan Dirjen ke Pameran BTN EXPO 2018
  • GROUNDBREAKING 2 RUSUNAWA DI BATAM GROUNDBREAKING 2 RUSUNAWA DI BATAM
  • KHALAWI LIHAT LANGSUNG PROGRES PEMBANGUNAN RUSUN UNIVERSITAS INTERNASIONAL BATAM KHALAWI LIHAT LANGSUNG PROGRES PEMBANGUNAN RUSUN UNIVERSITAS INTERNASIONAL BATAM
  • DIRJEN BUKA BIMTEK VIDEOGRAFI BIDANG PERUMAHAN DI LOMBOK 11-13 JULI 2018 DIRJEN BUKA BIMTEK VIDEOGRAFI BIDANG PERUMAHAN DI LOMBOK 11-13 JULI 2018
  • KAHALAWI HADIRI BIMTEK PENDATAAN ARSIP MELALUI APLIKASI e-HRM KAHALAWI HADIRI BIMTEK PENDATAAN ARSIP MELALUI APLIKASI e-HRM
  • ZIARAH MAKAM MANTAN MENTERI PU KABINET PEMBANGUNAN 5 ZIARAH MAKAM MANTAN MENTERI PU KABINET PEMBANGUNAN 5
  • UPACARA HUT RI KE 73 TAHUN UPACARA HUT RI KE 73 TAHUN
  • SOSIALISASI HAPERNAS 2018 SOSIALISASI HAPERNAS 2018
  • WORKSHOP DISTRUPTIVE TECHNOLOGY FOR AFFORDABLE HOUSING WORKSHOP DISTRUPTIVE TECHNOLOGY FOR AFFORDABLE HOUSING
  • SERAH TERIMA ASET BANTUAN STIMULAN BSPS DAN PSU SERAH TERIMA ASET BANTUAN STIMULAN BSPS DAN PSU
  • KHALAWI PIMPIN UPACARA HARI KESAKTIAN PANCASILA KEMENTERIAN PUPR KHALAWI PIMPIN UPACARA HARI KESAKTIAN PANCASILA KEMENTERIAN PUPR
  • DITJEN PENYEDIAAN PERUMAHAN GELAR BIMTEK INFOGRAFIS DITJEN PENYEDIAAN PERUMAHAN GELAR BIMTEK INFOGRAFIS
  • AUDIENSI DENGAN WALIKOTA YOGYAKARTA AUDIENSI DENGAN WALIKOTA YOGYAKARTA
  • AUDIENSI WAKIL BUPATI KULON PROGO AUDIENSI WAKIL BUPATI KULON PROGO
  • AUDIENSI BUPATI PUNCAK JAYA PAPUA AUDIENSI BUPATI PUNCAK JAYA PAPUA
  • RAPAT KORDINASI PERCEPATAN PEMBANGUNAN RAPAT KORDINASI PERCEPATAN PEMBANGUNAN