Berita

Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Luncurkan Majalah Maisona Volume ke 6, Selengkapnya klik disini!

Seminar Perumahan Nasional



Masih dalam rangkaian peringatan Hari Perumahan Nasional (Hapernas) 2017, Rabu (23/8) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat bersama Universitas Diponegoro Semarang mengadakan Seminar Nasional dengan tema ‘Rumah Layak Huni dan Terjangkau Bagi Masyarakat Berpenghasilan Tidak Tetap’ yang diselenggarakan di gedung Aula Teknik Sipil, Universitas Diponegoro, Semarang, Jawa Tengah. Seminar ini dihadiri oleh Direktur Jenderal Pembiayaan Perumahan Kementerian PUPR, Ibu Dr. Ir. Lana Winayanti, MCP, Direktur Jenderal Hubungan Hukum Keagrariaan Kementerian PUPR, RB. Agus Widjayanto, Direktur Perencanaan Penyediaan Perumahan,  Hardi Simamora, , Walikota Semarang, Hendrar Prihadi, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Rudi Apriyantono, Direktur Konsumen Bank Rakyat Indonesia, Direktur Nasional Bank Kesejahteraan Ekonomi, Direktur 1 Pegadaian, Yayasan Habitat Kemanusiaan Indonesia dan para peserta mahasiswa Teknik Sipil Universitas Diponegoro Semarang.

Seminar ini dibuka dengan keynote speech oleh Ibu Dr.Ir. Lana WInayanti, MCP selaku Direktur Jenderal Pembiaayan Perumahan Kementerian PUPR dan dilanjutkan dengan penandatanganan MOU tentang Pembiayaan Mikro bersama bebrapa Lembaga Jasa Keuangan. Sesi pertama dilakukan penandatanganan oleh Dirjen Pembiayaan Perumahan, dengan BRI yang diwakili oleh Randi Anto selaku Direktur Konsumen dan Bank Kesejahteraan Ekonomi (BKE) yang diwakili oleh Sasmaya Tuhuleley selaku Direktur Utama. Sesi kedua, dilakukan penandatanganan oleh Dirjen Pembiayaan Perumahan, dengan Pegadaian yang diwakili oleh Harianto Widodo selaku Direktur 1 Pegadaian dan Yayasan Habitat Kemanusiaan Indonesia yang diwakili oleh David Andri Ardhani selaku Direktur Nasional.

Hardi Simamora menyampaikan mengenai Kebijakan Penyediaan Perumahan dan Program Satu Juta Rumah untuk Rakyat. “Backlog penghunian sebanyak 2,2 juta unit akan dikurangi melalui Ditjen Penyediaan Perumahan sebanyak 850.000 unit dan Ditjen Pembiayaan Perumahan sebanyak 350.000 unit. Sedangkan Rumah Tidak Layak Huni sebanyak 1,5 juta unit akan dikurangi melalui Ditjen Penyediaan Perumahan sebanyak 500.000 unit.” ucap Direktur Perencanaan, Hardi Simamora dalam paparannya. Backlog menjadi bagian paling penting untuk menerapkan bantuan agar sesuai sasarannya.

Lana Winayanti selaku Dirjen Pembiayaan Perumahan menyampaikan paparan tentang Pembiayaan Mikro Perumahan untuk Rakyat. “Penerapan pembiayaan dengan sistem pembiayaan mikro diharapkan dapat menjadi solusi masyarakat berpenghasilan tidak tetap dan masyarakat berpenghasilan rendah dalam mendapatkan rumah murah dan layak huni. Dengan skema kredit berulang hingga 5 tahun sebesar Rp 50 Juta yang dapat dimanfaatakan dari pembelian paving tanah, konstruksi, perbaikan rumah, penambahan ruang hingga rumah tersebut layak huni.” tutur Dirjen Pembiayaan Perumahan dalam sesi paparannya. Masyarakat dengan penghasilan tidak tetap dapat melakukan kredit anatara 3-5 tahun sehingga tidak menimbulkan resiko ketika kredit dilakukan lebih dari 5 tahun.

Dirjen Hubungan Hukum Keagrarian, Agus Widjayanto,  menyinggung tentang Program 5 Juta Sertifikasi Rumah. Rumah yang layak huni lebih baik harus mendapatkan sertifikasi.

Walikota Semarang, Hendrar Prihadi Walikota memaparkan Program Layak Huni di Kota Semarang untuk mengurangi permukiman kumuh. Melalui paparannya Hendi, sapaan akrabnya, menyampaikan “Rusunawa menjadi salah satu solusi untuk penataan permukiman di Kota Semarang”. Kota Semarang termasuk dalam penyumbang tingkat backlog yang cukup tinggi di Provinsi Jawa Tengah. Dengan tema seminar ini, penanganan permukiman kumuh menggunakan 3 cara, Revilatisasi dengan metode kampong tematik, Fasilitas dengan system uang sewa rendah, dan terakhir adalah Persuasi, dimana Pemkot Semarang memberikan PSU di rumah - rumah bersubsidi. Dalam sesi wawancara, Hendi menyampaikan “Saat ini sedang didata mengenai pembangunan Rusunawa di Kota Semarang, diharapkan Rusunawa dapat menjadi solusi untuk masyarakat yang menempati rumah – rumah liar di bantaran kali”.

Kepala Divisi Konsumen Bank Rakyat Indonesia, memaparkan tentang pengalamannya dalam meyalurkan pembiayaan MIkro kepada masyarakat berpenghasilan rendah dan tidak tetap. Sesi berikutnya dipaparkan tentang strategi sinergi Perguruan Tinggi Perbankan, dan Masyarakat dalam Penerapan Pembiayaan MIkro Perumahan sebagai sara solusi rumah tumbuh oleh Dr. Ind. Asnawi, ST dari Universitas Diponegoro. Semua paparan tersebut dibahas dan ditanggapi Sunarti selaku perwakilan dari Departemen PWK UNDIP dan Dodo Juliman selaku perwakilan dari HRC.

Salah satu upaya yang selalu di tempuh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk mewujudkan program satu juta rumah adalah  melaukan koordinasi dengan para pelaku pembangunan perumahan, pemerintah daerah, perbankan, dan stakeholder lainnya. “Diharapkan seminar ini dapat menjadi sarana informasi dan pengembangan diri untuk memajukan rakyat dalam mendapatkan rumah layak huni.” tutup Ibu Lana Dirjen Pembiayaan Perumahan. (lutya,adit)

Kegiatan

  • Kunjungan Dirjen ke Wisma Atlet Blok C2 Kunjungan Dirjen ke Wisma Atlet Blok C2
  • Kunjungan Dirjen ke Wisma Atlet Blok D10 Kunjungan Dirjen ke Wisma Atlet Blok D10
  • Pelantikan Pejabat Perbendaharaan Pelantikan Pejabat Perbendaharaan
  • Pembinaan Pejabat Perbendaharaan Pembinaan Pejabat Perbendaharaan
  • Penyerahan Sertifikat Tanah lokasi rencana Pembangunan Rusunawa di Kawasan Pemukiman Nelayan Kelurahan Sumber Jaya Kota Bengkulu kepada Ditjen Penyediaan perumahan Penyerahan Sertifikat Tanah lokasi rencana Pembangunan Rusunawa di Kawasan Pemukiman Nelayan Kelurahan Sumber Jaya Kota Bengkulu kepada Ditjen Penyediaan perumahan
  • Kunjungan Dirjen ke Pameran BTN EXPO 2018 Kunjungan Dirjen ke Pameran BTN EXPO 2018
  • GROUNDBREAKING 2 RUSUNAWA DI BATAM GROUNDBREAKING 2 RUSUNAWA DI BATAM
  • KHALAWI LIHAT LANGSUNG PROGRES PEMBANGUNAN RUSUN UNIVERSITAS INTERNASIONAL BATAM KHALAWI LIHAT LANGSUNG PROGRES PEMBANGUNAN RUSUN UNIVERSITAS INTERNASIONAL BATAM
  • DIRJEN BUKA BIMTEK VIDEOGRAFI BIDANG PERUMAHAN DI LOMBOK 11-13 JULI 2018 DIRJEN BUKA BIMTEK VIDEOGRAFI BIDANG PERUMAHAN DI LOMBOK 11-13 JULI 2018
  • KAHALAWI HADIRI BIMTEK PENDATAAN ARSIP MELALUI APLIKASI e-HRM KAHALAWI HADIRI BIMTEK PENDATAAN ARSIP MELALUI APLIKASI e-HRM
  • ZIARAH MAKAM MANTAN MENTERI PU KABINET PEMBANGUNAN 5 ZIARAH MAKAM MANTAN MENTERI PU KABINET PEMBANGUNAN 5
  • UPACARA HUT RI KE 73 TAHUN UPACARA HUT RI KE 73 TAHUN
  • SOSIALISASI HAPERNAS 2018 SOSIALISASI HAPERNAS 2018
  • WORKSHOP DISTRUPTIVE TECHNOLOGY FOR AFFORDABLE HOUSING WORKSHOP DISTRUPTIVE TECHNOLOGY FOR AFFORDABLE HOUSING
  • SERAH TERIMA ASET BANTUAN STIMULAN BSPS DAN PSU SERAH TERIMA ASET BANTUAN STIMULAN BSPS DAN PSU
  • KHALAWI PIMPIN UPACARA HARI KESAKTIAN PANCASILA KEMENTERIAN PUPR KHALAWI PIMPIN UPACARA HARI KESAKTIAN PANCASILA KEMENTERIAN PUPR
  • DITJEN PENYEDIAAN PERUMAHAN GELAR BIMTEK INFOGRAFIS DITJEN PENYEDIAAN PERUMAHAN GELAR BIMTEK INFOGRAFIS
  • AUDIENSI DENGAN WALIKOTA YOGYAKARTA AUDIENSI DENGAN WALIKOTA YOGYAKARTA
  • AUDIENSI WAKIL BUPATI KULON PROGO AUDIENSI WAKIL BUPATI KULON PROGO
  • AUDIENSI BUPATI PUNCAK JAYA PAPUA AUDIENSI BUPATI PUNCAK JAYA PAPUA
  • RAPAT KORDINASI PERCEPATAN PEMBANGUNAN RAPAT KORDINASI PERCEPATAN PEMBANGUNAN