Berita

Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Luncurkan Majalah Maisona Volume ke 2, Selengkapnya klik disini!

Kementerian PUPR : 499.702 Rumah Terbangun




Jakarta_ Program Satu Juta Rumah yang dicanangkan  Presiden Jokowi tahun 2015 menjadi salah satu program pemerintahan saat ini  dalam upaya meratakan pembangunan infrastruktur di Indonesia. Pemerataan pembangunan perumahan sangat membantu pemerintah memenuhi kebutuhan perumahan yang layak huni untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). 400 ribu rumah yang dapat di suplai pemerintah setiap tahunnya sehingga dapat menekan jumlah backlog yang terus meningkat setiap tahunnya.

Pembangunan perumahan pada bulan Juli 2017 telah mencapai 499.702 unit. Capaian Program Satu Juta Rumah tersebut menjadi momentum peringatan Hari Perumahan Nasional ( HAPERNAS) untuk mengurangi jumlah backlog dari 7,6 Juta unit tahun 2015 menjadi 5,4 juta unit pada tahun 2019 atau ditargetkan berkurang 2,2 juta unit rumah.  ujar Syarif Burhanuddin beberapa waktu yang lalu.

Pemerintah mentargetkan pada akhir tahun 2017 pembangunan Satu Juta Rumah dapat terpenuhi dan dapat dirasakan manfaatnya langsung oleh masyarakat berpenghasilan rendah. Pemerintah dan stakeholder terus berupaya untuk mencapai  target Program Satu Juta Rumah meskipun  terkendala berbagai masalah diantaranya lahan yang minim, harga tanah yang tinggi, kewenangan daerah terbatas, belum terwujudnya hunian yang berimbang, lokasi yang terpencil, askes yang belum memadai dan kemampuan SDM rendah.

Mekanisme mendapatkan rumah murah dapat di lakukan di setiap daerah dengan membeli rumah dari  pengembang yang membangun rumah murah. Bentuk bantuan pemerintah untuk pengembang yang membangun rumah murah akan dibantu dari sisi  PSU ( Prasarana Sarana Umum ). Tahun ini Jawa menjadi kota yang paling tinggi membangun rumah murah karena lahan yang cukup, daya beli masyarakat yang tinggi dan regulasi yang memudahkan pengembang membangun rumah murah. Secara presentasi pembangunan rumah disetiap daerah tidak sama, terutama di perkotaan akan dibangun rumah vertikal karena harga tanah yang mahal sedangkan harga rumah murah sudah ditentukan oleh pemerintah.

â??Upaya Pemerintah untuk mempercepat Program Satu Juta Rumah dengan meningkatkan sosialisasi ke daerah sehingga pemerintah daerah dapat memberikan pelayanan perizinan yang mudah, murah dan cepat â?? ujar Syarif. Junaidi (Kompu Penyediaan Perumahan) 

Kegiatan

  • Kunjungan Dirjen ke Wisma Atlet Blok C2 Kunjungan Dirjen ke Wisma Atlet Blok C2
  • Kunjungan Dirjen ke Wisma Atlet Blok D10 Kunjungan Dirjen ke Wisma Atlet Blok D10
  • Pelantikan Pejabat Perbendaharaan Pelantikan Pejabat Perbendaharaan
  • Pembinaan Pejabat Perbendaharaan Pembinaan Pejabat Perbendaharaan