Berita

Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Luncurkan Majalah Maisona Volume ke 2, Selengkapnya klik disini!

Pembangunan Rumah Subsidi Harus Sesuai Rencana Tata Ruang



JAKARTA – Pembangunan rumah bersubsidi pemerintah yang dilaksanakan oleh para pengembang di lapangan wajib disesuaikan dengan Rencana Tata Ruang yang ada di daerah. Untuk itu, pemerintah daerah juga diharapkan melakukan pengawasan di lapangan serta mengumpulkan data tentang pembangunan rumah di daerahnya masing-masing sebagai bagian pendataan Program Satu Juta Rumah.

Hal tersebut disampaikan Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Syarif Burhanuddin saat memimpin rapat koordinasi Tim Pendataan Program Satu Juta Rumah di Kementerian PUPR, Jakarta, Jum’at (7/7). “Pembangunan rumah wajib sesuai dengan Rencana Tata Ruang. Pemda juga perlu memberikan pengawasan terhadap pelaksanaan pembangunan rumah yang ada di daerahnya,” ujar Syarif.

Menurut Syarif, pembangunan rumah baik subsidi maupun non subsidi pada dasarnya merupakan bagian dari Program Satu Juta Rumah yang dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo di Jkabupaten Ungaran, Jawa Tengah tahun 2015 lalu. Hingga saat ini pihaknya mengakui masih banyak ditemui hambatan di lapangan sehingga capaian pembangunan rumah belum mencapai target yang diinginkan yakni satu juta unit rumah per tahun.



“Program Satu Juta Rumah ini tidak bisa berdiri sendiri. Perlu kerjasama dari berbagai pihak mulai dari pengembang, perbankan, masyarakat, Pemda serta Kementerian terkait yang mengeluarkan berbagai peraturan serta kebijakan di sektor perumahan,” terangnya.

Selama ini adanya rencana tata ruang yang telah ditetapkan oleh pemerintah terkait kawasan terhadap perlindungan resapan air dan ruang terbuka hijau. Jangan sampai tata ruang yang sudah dibuat malah dijadikan perumahan.


“Pemda selain harus menerapkan tata ruang dengan baik juga perlu mempermudah perijinan. Jika perlu berikan insentif dan disinsentif bagi pengembang perumahan yang memberikan dukungan terhadap program satu juta rumah,” tandasnya.
(Ristyan/ Komunikasi Publik Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR)

Kegiatan

  • Ground Breaking Rusun Unggaran Ground Breaking Rusun Unggaran
  • Coffee Morning Coffee Morning
  • Ground Breaking Rusunami Gunung Putri Square, Bogor Ground Breaking Rusunami Gunung Putri Square, Bogor
  • Kunjungan Kerja Menteri PUPR Ke Rusnawa UTS Sumbawa Kunjungan Kerja Menteri PUPR Ke Rusnawa UTS Sumbawa
  • Peresmian 100 unit Rumah Khusus di Papua Peresmian 100 unit Rumah Khusus di Papua
  • Peresmian Rusunawa Papampres Jakarta Peresmian Rusunawa Papampres Jakarta
  • Kunjungan Dirjen ke Rumah khusus di Tarakan Kalimantan Kunjungan Dirjen ke Rumah khusus di Tarakan Kalimantan
  • Kunjungan Dirjen ke pembangunan Rusunawa POLRI Bangkingan Surabaya Kunjungan Dirjen ke pembangunan Rusunawa POLRI Bangkingan Surabaya
  • Kunjungan Dirjen ke pembangunan Rusunawa Tambak Kemerakan, Sidoarjo Kunjungan Dirjen ke pembangunan Rusunawa Tambak Kemerakan, Sidoarjo
  • Lomba Foto Lomba Foto
  • Kunjungan Kerja Dirjen Penyediaan Perumahan di Kabupaten Manggarai Barat Kunjungan Kerja Dirjen Penyediaan Perumahan di Kabupaten Manggarai Barat