Slide 1

Berita Perumahan > Kementerian PUPR Dorong Infrastruktur Sehat Bagi Masyarakat


Rabu, 23 November 2016, Dilihat 194 kali

<![endif]-->

JAMBI - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mendukung sepenuhnya penuh peluncuran Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dengan mendorong pembangunan infrastruktur dan perumahan rakyat yang dilaksanakan di Provinsi Jambi, Selasa (15/11).

Dukungan yang diberikan Kementerian PUPR merupakan program - program yang selama ini tidak asing bagi kebanyakan masyarakat mulai dari perkotaan hingga pedesaan. Beberapa program yang dilaksanakan untuk mendukung pola hidup sehat masyarakat adalah Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau bedah rumah, program rehabilitasi dan rekontruksi masyarakat dan permukiman berbasis komunitas, program percepatan peningkatan tata guna air irigasi, program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat, tempat pengelolaan sampah 3R, program sanitasi berbasis masyarakat, program kota tanpa kumuh (kotaku).

Gubernur Jambi Zumi Zola mengungkapkan, pemerintah provinsi Jambi mengucapkan terima kasih yang setinggi-tinggi nya kepada pemerintah pusat atas terpilihnya kota Jambi sebagai salah satu kota diluncurkannya program ini.

Menurutnya, mencegah timbulnya penyakit lebih baik dari pada proses mengobati atau menyembuhkannya. Pihaknya berjanji akan menggandeng seluruh lapisan masyarakat dari anak-anak hingga orang tua yang ada di daerahnya untuk membiasakan hidup sehat serta menjaga agar sampah yang ada disekitar lingkungan kita dapat dibuang di tempatnya.

Kami akan lebih termotivasi dengan adanya Germas ini. Masalah kesehatan merupakan masalah yang harus selalu harus mendapat perhatiian lebih dari berbagai pihak,� ujarnya saat memberikan sambutan.

Sementara itu, Kementerian PUPR yang hadir diwakili oleh Direktur Rumah Swadaya Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan, R Jony  Fajar Sofyan Subrata menerangkan, ada keterkaitan yang cukup melekat antara Germas dengan Kementerian PUPR. Berbagai program yang dilaksanakan oleh Kementerian PUPR memang sudah diarahkan pada program yang terkait dengan kesehatan masyarakat.

Peluncuran Germas ini, kata Jony, sudah sejalan dengan program yang kita lakukan selama ini. Ke depan tinggal penyesuaikan program yang ada di lapangan seperti Program BSPS atau bedah rumah, irigasi, kota tanpa kumuh.

Kementerian PUPR sebenarnya juga akan meluncurkan program infrastruktur berbasis masyarakat, kebetulan ada juga program Germas ini juga diluncurkan jadi kemudian digabung saja agar bisa saling bantu sama lain khususnya lintas Kementerian dan Lembaga yang ada, katanya.

Germas adalah Gerakan Masyarakat Hidup Sehat yang merupakan tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen masyarakat dengan kesadaran, kemauan,dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidupnya.

Acara peluncuran Germas di Kota Jambi diawali dengan senam pagi  bersama yang dilaksanakan di lapangan Pertamina Kenali Asam Atas Kota Jambi dan diikuti sekitar 1.000 peserta yang meliputi masyarakat umum, anak sekolah dasar, kader kesehatan dan jajaran pemerintah setempat.
Acara yang bertajuk tentang membangkitkan semangat masyarakat akan penting nya arti kesehatan ini merupakan program pemerintahan Presiden Jokowi yang diselenggarakan serentak di sepuluh lokasi berbeda meliputi Kabupaten Bogor, Kabupaten Pandeglang, Kota Batam, Kota Jambi, Kota Surabaya, Kota Pare-Pare, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Padang Pariaman, Kota Madiun, dan Kota Bantul. (Ri
cky / Ristyan / Komunikasi Publik Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR)