Slide 1

Berita Perumahan > Kementerian PUPR memberikan penghargaan untuk Korfas Dan TFL terbaik diseluruh Indonesia


Kamis, 26 Desember 2019, Dilihat 146 kali

Tangerang–Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) lewat Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan memberikan penghargaan untuk 37 Kordinator Fasilitator (Korfas) Dan 38 Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL) program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) yang terbaik di seluruh Indonesia. Adanya penghargaan ini bertujuan untuk memberikan motivasi dan peningkatan kualitas TFL dan Korfas berkinerja terbaik.

Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Khalawi Abdul Hamid yang berkesempatan untuk memberikan penghargaan secara langsung mengucapkan terima kasih dan rasa bangga atas hasil kerja para Korfas dan TFL program BSPS. Acara yang berlangsung di Hotel Atria Tangerang ini merupakan acara rutin yang diadakan oleh Direktorat Rumah Swadaya sebagai apresiasi dan penyemangat para Korfas dan TFL dari seluruh daerah, Sabtu (21/12/2019).

“Adanya program BSPS juga mendorong pola gotong royong dalam kehidupan bermasyarakat. Hal itu dikarenakan dalam proses pembangunannya masyarakat harus melaksanakan pembangunan rumah secara berkelompok,” imbuh Khalawi.

Bantuan BSPS merupakan bantuan untuk peningkatan kualitas rumah yang tidak layak huni dari segi kesehatan serta keselamatan. Bantuan BSPS merupakan bantuan Stimulan sebesar Rp 17,5 juta yang diberikan dalam bentuk bahan bangunan senilai Rp 15 juta dan Rp 2,5 juta untuk upah tukang.

“Kedepanya untuk mendukung Visi Presiden melanjutkan pembangunan infrastruktur, karena masih banyaknya rumah yang tidak layak huni dan itu merupakan tanggung jawab kita sebagai insan perumaan,” ungkap Khalawi.

“Penghargaan ini saya percaya akan menjadi nilai tambah bagi temen – temen Korfas dan TFL karena kedepannya Korfas dan TFL menjadi sangat penting untuk semua kegiatan bukan hanya di program BSPS saja, kedepannya pasti jadi nilai tambah disaat teman-teman mengikuti assesmen di program kegiatan lain,” ujar Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid

Khalawi juga berharap Korfas dan TFL bisa meningkatkan kinerjanya, profesionalitas, integritas dan akhlakul karimah yang berbudi luhur dan bisa menjaga itu.

Sementara itu, Rachel Yobet Yaru menyampaikan, Pengalaman sebagai Korfas di Kabupaten Maturama Tengah, Papua. Berdasarkan data yabg ada sejak tahun 2017 – 2019 total bantuan yang sudah diterima di Kabupaten Maturama Tengah sebanyak 475 unit.

Menurut Rachel manjadi Korfas di Kabupaten Maturama Tengah tidaklah mudah karena jarak lokasi penerima bantuan sangat jauh dan sebagian besar berada didaerah pegunungan. Tidak jarang Rachel harus bermalam di salah satu rumah warga saat mengunjungi lokasi penerima bantuan.

“Tantangan terbesar kami dalam menjalankan tugas adalah jarak lokasi penerima bantuan yang berjauhan, begitu juga saat material bangunan datang kami harus antar itu barang bisa sampai 5 jam berjalan kaki,” ucapnya. Bagian Hukum dan Komunikasi Publik Ditjen Penyediaan Perumahan