Slide 1

Berita Perumahan > Kementerian PUPR Targetkan Rusunawa Paspampres Selesai 2020


Senin, 04 November 2019, Dilihat 109 kali

 

JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan mentargetkan pembangunan rumah susun sewa (Rusunawa) Tingkat Tinggi yang diperuntukkan bagi Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) di Jakarta akan selesai tahun 2020 mendatang. Saat ini progres pembangunan fisik Rusunawa Paspampres yang berada di Jalan Tanah Abang II, Jakarta Pusat sudah mencapai 58 persen.

“Kami (Kementerian PUPR-red) mentargetkan pembangunan Rusunawa untuk Paspampres akan selesai tahun 2020 mendatang,” ujar Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid saat melakukan peninjauan lapangan ke Rusunawa Tingkat Tinggi Paspampres di Jakarta akhir pekan lalu.

Khalawi menerangkan, progress pembangunan fisik bangunan vertikal yang akan dibangun setinggi 10 lantai tersebut saat ini berada di angka sekitar 58,7 persen. Rusunawa Tingkat Tinggi Paspampres tersebut nantinya akan mempunyai sejumlah fasilitas yang dapat mendukung tugas para prajurit yang bertugas di Paspamres diantaranya tempat parkir kendaraan panzer dan kendaraan kepresidenan, balai prajurit, ruang rapat, sarana kebugaran dan landasan untuk helikopter atau helipad di bagian atap Rusunawa.

“Kami harap para prajurit bisa memanfaatkan Rusunawa Tingkat Tinggi dengan baik dalam rangka menjalankan tugas sebagai Paspamres. Adanya hunian yang nyaman bagi prajurit juga akan mampu meningkatkan kinerja dari anggota Paspampres untuk lebih nyaman bertempat tinggal karena jaraknya dari Istana Presiden tidak terlalu jauh,” terangnya.

Sebagai informasi pembangunan Rusunawa Paspampres dimulai dengan pelaksanaan Ground Breaking Rusun Tingkat Tinggi Paspampres di Markas Komando Paspampres Jakarta pada tanggal 21 Februari 2019 lalu. Ground Btreaking ditandai dengan penekan tombol sirine oleh Dirjen Penyediaan Perumahan Khalawi Abdul Hamid bersama Inspektur Paspampres Kolonel (Inf) Ade Prasetya Nurdin beserta jajaran perwira Paspampres dan Direktur Rumah Susun M Hidayat serta Direksi PT. Brantas Abipraya (Persero).

Rusunawa Paspampres ini dibangun diatas lahan seluas 5.068 meter persegi dan akan memiliki 93 unit hunian yang diperuntukkan bagi para anggota Paspampres. Beberapa tipe unit hunian Rusunawa Paspampres antara lain tipe A 130 meter persegi (2 unit), tipe B 90 meter persegi (9 unit), tipe C 70 meter persegi (44 unit) dan tipe D 45 meter persegi (38 unit).

(Bagian Hukum dan Komunikasi Publik  Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR)