Slide 1

Berita Perumahan > Kementerian PUPR Lakukan Percepatan Pembangunan Perumahan


Selasa, 29 Oktober 2019, Dilihat 49 kali

JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan melakukan percepatan pembangunan perumahan untuk masyarakat hingga akhir tahun 2019 ini. Untuk itu, Kementerian PUPR akan membentuk Tim satuan tugas (Satgas) serta menugaskan koordinator wilayah untuk melakukan pengawasan langsung ke lapangan untuk menggenjot pembangunan perumahan di daerah.

“Kami akan mendorong percepatan pembangunan perumahan untuk masyarakat hingga akhir tahun ini,” ujar Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid saat memberikan pengarahan pada kegiatan Rapat Evaluasi Dan Percepatan Pelaksanaan Kegiatan Tahun 2019 Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan, di Jakarta, Selasa (29/10/19) kemarin.

Tampak hadir pada kegiatan tersebut para Direktur dan seluruh Kepala Satuan Kerja dan SNVT Penyediaan Perumahan di lingkungan Ditjen Penyediaan Perumahan.

Khalawi menerangkan, ada beberapa langkah yang akan dilaksanakan oleh Ditjen Penyediaan Perumahan untuk melaksanakan percepatan tersebut. Pertama, pihaknya akan mendorong Satuan kerja Non Vertikal tertentu (SNVT) Penyediaan Perumahan yang berada di setiap provinsi di Indonesia untuk fokus pada pembangunan perumahan di daerah.

Sedangkan langkah yang kedua adalah dengan menambah shift pelaksana pembangunan. Ketiga adalah membentuk tim satuan tugas serta menugaskan koordinator wilayah untuk melakukan pengawasan langsung ke lapangan untuk menggenjot pembangunan perumahan di daerah.

“Kepala Satker di daerah dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) yang bertanggung jawab atas pelaksaanaan pembangunan harus terjun langsung ke lapangan. Cek kondisi pembangunan dan awasi pelaksanaan dan jaga kualitas hasil pembangunan,” terangnya.

Lebih lanjut, Khalawi menerangkan, Dijen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR optimis capaian pembangunan fisik dan keuangan di sektor perumahan bisa mencapai lebih dari 90 persen. Sesuai arahan Menteri PUPR, seluruh arahan di lingkungan Kementerian PUPR berada dalam satu komando dan diharapkan seluruh pimpinan dan pegawai di lingkungan Ditjen Penyediaan Perumahan dapat melaksanakan perintah tersebut dengan baik di lapangan.

Sementara itu, Direktur Perencanaan Penyediaan Perumahan, Dwityo Akoro Soeranto selaku ketua pelaksana menjelaskan terdapat beberapa kendala yang dihadapi dalam pembangunan perumahan seperti adanya kelangkaan material di daerah - daerah terpencil.

“Progres pembangunan perumahan per tanggal 28 Oktober 2019 pukul 12:00 WIB untuk Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan adalah untuk pekerjaan fisik sebanyak 58,9 persen dan keuangan sebanyak 64,35 persen. Tapi kami optimis pembangunan perumahan bisa terlaksana sesuai perencanaan yang telah ditetapkan,” harapnya. (Bagian Hukum dan Komunikasi Publik Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR)