Slide 1

Berita Perumahan > 55 RUMAH TERDAMPAK TSUNAMI DI LAMPUNG SELATAN TERIMA BANTUAN BEDAH RUMAH


Selasa, 21 Mei 2019, Dilihat 175 kali

LAMPUNG SELATAN – Sebanyak 55 rumah di Desa Way Muli Induk, Kecamatan Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan yang terkena dampak yang parah saat kejadian tsunami beberapa waktu lalu mendapatkan bantuan bedah rumah dari Kementerian Pekerjaan Umum dan perumahan Rakyat (PUPR).

“Kami (Kementerian PUPR-red) memberikan bantuan bedah rumah mel;alui Program Bantuan Stimulan perumahan Swadaya (BSPS) untuk 55 rumah yang terkena dampak tsumani di Lampung Selatan,“ ujar Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid didampingi dengan Kasatker SNVT Lampung Penyediaan Perumahan Zubaid saat meninjau program BSPS di Lampung Selatan beberapa waktu lalu.

Khalawi menerangkan, alokasi bantuan yang diberikan oleh Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR kepada masyarakat yang terkena dampak tsunami tersebut adalah peningkatan kualitas rumah. Jumlah bantuan yang diberikan senilai Rp 17,5 juta per unit rumah yang terdiri dari komponen bahan bangunan Rp 15 juta dan upah kerja Rp 2,5.

Program BSPS merupakan salah satu bagian dari pelaksanaan Program Satu Juta Rumah dilaksanakan oleh Kementerian PUPR berdasarkan Keputusan Menteri PUPR Nomor 158 tahun 2019 dalam rangka mengurangi jumlah rumah tidak layak huni di Indonesia. BSPS merupakan program bantuan yang diberikan ke pemerintah kabupaten/provinsi untuk disalurkan ke masyarakat atau warga yang membutuhkan seperti warga yang terdampak bencana alam untuk meningkatkan keswadayaan dalam pembangunan peningkatan kualitas rumah beserta prasarana, sarana, dan utilitas umum (PSU).

“Pemerintah memang tidak memberikan bantuan dalam bentuk uang tunai tetapi berupa bahan bangunan dan upah tukang. Memang dengan anggaran sebesar itu tidak bisa secara keseluruhan memperbaiki rumah, tapi bantuan BSPS ini bisa sebagai modal dasar membentuk rumah yang layak huni,” tandasnya.

Sebagai informasi, Peningkatan Kualitas Rumah Program BSPS Kementerian PUPR yang dilaksanakan di Kabupaten Lampung Selatan berjumlah 360 unit yang tersebar di dua kecamatan dan 12 desa/ kelurahan. Kementerian PUPR berharap adanya BSPS mempunyai dampak sangat positif bagi warga korban bencana tsunami untuk meningkatkan kualitas rumah Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

Pada tahun 2018 lalu, jumlah BSPS yang berasal dari Kementerian PUPR berjumlah 5.000 unit dengan nilai bantuan Rp. 75 Milyar. Sedangkan BSPS National Affordable Housing Program (NAHP) yang merupakan bantuan dari Bank Dunia 600 unit senilai Rp 9 Milyar. Sedangkan di tahun 2019, jumlah BSPS yang disalurkan ke Provinsi Lampung Selatan berjumlah 4.500 unit dengan total anggaran Rp 78,75 Milyar.

Salah satu penerima bantuan BSPS di Lampung Selatan, Sarnah mengatakan, dirinya beserta keluarga merasa sangat terbantu dengan adanya program BSPS ini. Untuk itu dirinya mengungkapkan berterimakasih oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat khususnya Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan atas bantuan bedah rumah yang telah diterimanya.

“Sekarang rumah saya lebih layak huni. Saat ini saya sudah memiliki kamar tidur sendiri dan ruang tamu,” ujar wanita yang memiliki empat orang anak tersebut. Bagian Hukum dan Komunikasi Publik Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR.