Slide 1

Berita Perumahan > SUMATERA SELATAN DAPAT 5 RUSUN SEKELAS APARTEMEN


Rabu, 20 Maret 2019, Dilihat 118 kali

Kompu PnP | Achmad Muhaimin

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan kembali resmikan 5 (lima) rumah susun (Rusun) sekaligus di Provinsi Sumatera Selatan.

Lima Rusun yang di resmikan adalah Rusun Universitas Sriwijaya, Rusun Universitas PGRI Kota Palembang, Rusun ASN Pem Kab. Banyuasin, Rusun ASN Pem Kab. Musi Banyuasin, dan Rusun Pondok Pesantren (Ponpes) As Sidiqqiyah Kab. Ogan Ilir yang di pusatkan di Rusun Universitas Sriwijaya, Selasa (19/03/2019).

Dirjen Penyediaan Perumahan Khalawi Abdul Hamid mengatakan mengatakan sebenarnya Rusunawa ini sudah lama akan diresmikannya sejak selesai dibangun Januari lalu. Namun karena kesibukannya baru pertengahan Maret ini bisa terwujud. “Makanya hari ini lima Rusun sekaligus kita resmikan.” Ujar Khalawi saat memberikan sambutan.

"Saya ingat betul kata Pak Presiden Jokowi kalau mau mewariskan generasi maka yang perlu diwariskan adalah (papan) rumah atau hunian." Ujarnya menirukan.

Lebih jauh dikatakannya khusus untuk Rusun Mahasiswa ini memang paling baik diberikan pada mahasiswa pada tahun-tahun pertama perkuliahan.

Hal ini penting untuk pembentukan karakter mahasiswa itu sendiri.

"Khususnya mahasiswa yang dari jauh biar bisa dibimbing agar tidak mudah terpengaruh godaan," jelasnya.

Seluruh Rusun yang diresmikan ini dibangun pada tahun anggaran 2018, melalui Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Provinsi Sumatera Selatan. Seluruhnya sudah dilengkapi dengan fasilitas dasar yaitu air bersih, sanitasi dan listrik. Selain meubelair, seperti tempat tidur, lemari, meja, kursi, ada juga kamar dengan kamar mandi khusus difable.

Rektor Universitas Sriwijaya Anis Saggaff mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat atas hibah Rusun tersebut. Anis mengatakan bahwasanya Rusunawa bisa digunakan pada Agustus, tepat dengan penerimaan mahasiswa baru 2019.

“Rusunawa akan dikelola oleh Badan Pengelola Usaha (BPU) Unsri, serta akan dibangun kantin untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mahasiswa Rusunawa yang akan dikelola langsung oleh BPU. Diimbau agar mahasiswa menjaga kebersihan dan fasilitas Rusunawa seperti milik sendiri,” tambah Anis.

Sementara Wakil Gubernur Sumsel Mawardi menambahkan selain dilengkapi fasilitas layaknya apartemen, Rusun ini juga memudahkan aktivitas perkuliahan mahasiswa selama berkuliah di Unsri dan mengontrol kegiatan mereka, adanya rusunawa ini kata Mawardi juga efektif mencegah mahasiswa terpapar narkoba.

Rusunawa ini terdiri dari 4 lantai dengan 54 unit yang mampu menampung 204 mahasiswa. Pembangunan Rusunawa ini menghabiskan dana sebesar Rp11.054 miliar, fasilitas yang terdapat dalam satu kamar berupa dua kasur bertingkat, dua lemari dan dua meja belajar.

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Gubernur Sumatera Selatan, Rektor Universitas Sriwijaya, Ketua Yayasan PGRI Sumatera Selatan, Ketua Yayasan Ponpes As Sidiqqiyah, dan perwakilan dari masing-masing Kabupaten Banyuasin dan Kabupaten Musi Banyuasin.