Slide 1

Berita Perumahan > PUPR TERUS TINGKATKAN MUTU RUSUNAWA


Sabtu, 16 Maret 2019, Dilihat 210 kali

Kompu PnP | Achmad Muhaimin

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan kembali meresmikan Rumah Susun di Pemerintah Kota (Rusun Pemkot) Magelang yang beralamat di Kelurahan Wates, Kota Magelang, Provinsi Jawa Tengah yang diperuntukkan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Pada kesempatan kali ini Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR sekaligus meresmikan beberapa rumah susun (Rusun) dan rumah khusus (Rusus). Total nya ada 5 rumah susun dan 1 rumah khusus yang berada di Provinsi Jawa Tengah yang dibangun oleh Satuan Kerja Pengembangan Perumahan Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan (Satkerbangrum) dan Satuan kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Provinsi Jawa Tengah.

Adapun rusunawa yang diresmikan tersebut meliputi Rusun Pemkot Magelang; Rusun Kelurahan Tamanagung, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang; Rusun MBR Manggong, Kecamatan Ngadirejo, Kabupaten Temanggung; Rusun MBR Magelang, Sanggrahan Kelurahan, Wates Kota Magelang, Rusun STTP Tegalrejo, Kabupaten Magelang dan Rusun Ponpes API Tegalrejo, Kabupaten Magelang dan Rumah Khusus MBR Kota Magelang.

Peresmian Rusun dan Rusus ini ditandai oleh penandatangan batu prasasti secara simbolis oleh Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid didampingi langsung oleh Wakil Walikota Magelang Windarti Agustina dan Anggota Komisi V DPR RI Ir. Sudjadi serta para penghuni dan warga sekitar.

Dalam sambutannya Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid berharap rusunawa yang diresmikan ini segera dihuni serta berpesan agar dijaga kebersihannya.

"Moga-moga aja ini segera dihuni, karena Pak Presiden dan Pak Menteri senang sekali kalau ke sini sudah dihuni dan bersih. Minta tolong Bu Wawali untuk pohon-pohon besar perlu juga karena kita harus melestarikan untuk kebutuhan oksigen," katanya.

Para penerima manfaat banyak yang terkesima dengan keberadaan dan fasilitas rusunawa saat ini. "Memang penerima manfaat pada kaget. Jadi memang kami tingkatkan kualitasnya terus. Yang terakhir kami coba lantainya, kemudian fasilitas di dalamnya mebelnya bisa dilihat dan sebagainya," tambahnya.

Penambahan fasilitas yang tersedia tersebut, sebagaimana diperintahkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar membantu harus sampai tuntas.

"Ini untuk apa? Kata Pak Presiden membantu tuntas, apalagi untuk masyarakat kecil, masyarakat berpenghasilan rendah atau pegawai-pegawai kita ada yang tugas di mana-mana," ujarnya.
"Hari ini, saya meresmikan paling banyak ada 6 terdiri 5 tower dan satu rusun," tutur Khalawi dalam sambutannya.

Ucapan terima kasih disampaikan oleh Wakil Walikota Magelang Windarti Agustina atas bantuan rumah susun dan rumah khusus nya dan kedepan berharap masih ada bantuan Rusunawa lagi. "Pemkot Magelang sudah menyiapkan lahan untuk PUPR bangun Rusun lagi, karna di daerah kami masih banyak warga yang belum menempati rumah layak huni". Ujarnya.

Sementara dari SNVT Jawa Tengah Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan sudah membangun 18 Rusun selama 2018 ini. Lima Rusun diantaranya sudah diresmikan, 2 Rusun di Kab. Pekalongan, 2 di Rusun Kab. Magelang, dan 1 Rusun Kab. Temanggung.