Slide 1

Berita Perumahan > PUPR Siap Hadapi Era Revolusi Industri 4.0


Selasa, 12 Maret 2019, Dilihat 307 kali

dok. kompu PnP

Dalam rangka mengimplementasikan Era Revolusi Industri 4.0 dengan menerapkan sistem internet of things Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan  mempermudah masyarakat dalam mengakses program penyediaan perumahan secara online, “khusus untuk bidang perumahan Seminggu ini kita sudah menerapkan berbagai sistem yang intinya internet of things atau serba online dalam hal bantuan perumahan, seperti Sirusun, Sibaru, e-RTLH, Sibaru, Siprus dan PSU Online, sistem tersebut merupakan sinergi yang melibatkan para stakeholder bidang perumahan.

Artinya, sudah mulai menggunakan robot untuk pelaksanaan proyek, seperti pencampuran beton dan lainnya. Saat ini sudah menggunakan teknologi cukup tinggi.

“Tapi ,porsi harus dilihat karena harus juga menggerakkan tenaga kerja. Ini semua agar semua masyarakat merasakan pembangunan,” ujarnya, saat menjadi salah satu panelis di acara Round Table Discussion dalam menyambut Ulang Tahun Okezone.com yang ke-12 dengan tema “Kolaborasi untuk Negeri” di iNews Tower, Jakarta, Selasa (12/3/2019).

Sekretaris Ditjen Penyediaan Perumahan Dr. Dadang Rukmana yang hadir sebagai panelis  menggantikan Dirjen  Penyediaan Perumahan, Khalawi Abdul Hamid ini mengungkapkan, dalam bidang perumahan, Ditjen Penyediaan Perumahan mempunyai 3 tantangan, pertama ialah masih adanya disparitas penyebaran ketersediaan infrastruktur yang ada di barat dan timur.

“Secara ekonomi utara lebih berkembaang daripada selatan itu persoalan disparitas yang harus kita tinjau agar seluruh infrastruktur dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat sesuai porsi aktivitasnya,” kata Dadang.

Kedua urbanisasi, di mana Indonesia mengalami kenaikan enam kali lipat jumlah penduduk yang tinggal di nkawasan perkotaan dalam hal persolannya adalah pemenuhan kebutuhan desa.

Tatangan yang ketiga adalah pemanfaatan sumber daya alam yang belum sepenuhnya optimal “Persoalan ini khususnya dalam hal ketahanan pangan dan energi kita harus mengetesnya dengan cara pembangunaan infrastruktur yang mendukung program pembangunan ketahanan pangan dan energi dalam hal ini lebih ke air,” lanjutnya. Tim Komunikasi Publik Ditjen Penyediaan Perumahan